Fitur Live TikTok Shop Tokopedia Kerek Penjualan Pedagang Hampir 7 Kali Lipat
TikTok Shop Tokopedia mencatat fitur live streaming meningkatkan rata-rata penjualan hampir tujuh kali lipat dibandingkan yang tidak. E-commerce ini memiliki 21 juta penjual yang tergabung.
Communications Senior Lead Tokopedia and Shop Tokopedia Rizky Juanita Azuz menyampaikan, kategori produk yang laris via fitur live streaming yakni perawatan kulit, hijab, dan makanan manis selama Semester I.
Tokopedia mengutip salah satu riset, 87% masyarakat Indonesia pernah menonton live shopping dan 77% di antaranya melakukan transaksi lewat fitur live streaming.
“Pengalaman live shopping dapat mempermudah penjual dalam meningkatkan kunjungan bahkan penjualan, sebab masyarakat bisa memperoleh informasi lebih mendalam tentang produk yang dibutuhkan, lengkap dengan berbagai promosi yang menarik,” kata Rizky dalam keterangan pers, Selasa (20/8).
Sebelumnya, survei MetrixLab menyatakan live shopping di TikTok Shop Tokopedia memungkinkan pengguna untuk 3,4 kali lebih banyak menjelajah platform untuk mengeksplor produk baru.
Fitur live streaming memungkinkan pengguna 2,5 kali lipat mempertimbangkan pembelian.
Selain itu, dua dari tiga pengguna cenderung melakukan pembelian di hari yang sama setelah melakukan pembelian di TikTok Shop Tokopedia. Sebanyak 64% pembeli akan meninggalkan ulasan setelah melakukan pembelian.