Pemerintah Sebut Produk UMKM Makin Berkualitas berkat 'Kelas Online' Shopee
Rencana pemerintah mendorong 64,2 juta UMKM mengadopsi teknologi digital mendapat dukungan. Transformasi digital kini menjadi keniscayaan setiap pengusaha yang ingin menaikkan skala usahanya dan menjangkau pasar lebih luas.
Dalam peluncuran Kampus UMKM Shopee Kelas Online Edisi Spesial Shopee 10th Birthday, pemerintah berkeinginan, makin banyak pengusaha di Indonesia yang beradaptasi di era serba teknologi saat ini, seiring tren dan pasar yang kerap berubah begitu cepat.
“Dari laporan yang kami terima bahwa 514 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia telah merasakan manfaat pelatihan dari Kampus UMKM Shopee. Semoga jangkauan ini dapat terus bertambah dan semakin menjangkau UMKM di berbagai daerah, termasuk di daerah 3T,” kata Deputi Bidang Usaha Kecil Kementerian UMKM, Temmy Satya Permana, dalam sambutannya, Selasa (18/11).
Temmy mengapresiasi, komitmen dan konsistensi Shopee mendukung pertumbuhan UKMM di Indonesia. Selama satu dekade ini, berbagai inisiatif pelatihan lewat program Kampus UMKM Shopee, telah mencetak jutaan pengusaha kecil-menengah.
Para alumnus Kampus UMKM Shopee pun disebut sudah memperluas pasar mereka, meningkatkan kapasitas usaha, hingga mulai menerapkan strategi pemasaran yang lebih modern seperti kecerdasan buatan (AI) dan live commerce.
Kementerian UMKM mencatat, dari total UMKM di Indonesia, sebanyak 25 juta pengusaha telah terhubung ke ekosistem digital, salah satunya melalui platform eCommerce. Ini akan terus ditingkatkan dengan menggandeng platform digital yang ikut memberi pelatihan, pendampingan dan akses pasar.
“Untuk itu kami sangat mengapresiasi upaya Shopee yang secara konsisten mendampingi kepentingan UMKM, baik secara offline maupun sekarang bertransformasi. Harapan kami, dengan adanya program ini dapat menjangkau lebih banyak pengusaha UMKM untuk didampingi, diberikan latihan praktis, serta praktik agar dapat survive bahkan berkembang di platform digital,” ujar Temmy.
“Di tengah tingginya persaingan, kami tetap mendorong agar UMKM dapat menghasilkan produk yang berkualitas. Kami berharap ini menjadi langkah dalam memberdayakan ekosistem UMKM di platform digital,” ucapnya.
Deputy Director of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira, menyampaikan bahwa sepanjang tahun ini, 28.000 pengusaha UMKM telah mengikuti pelatihan Kampus UMKM Shopee yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Pesertanya beragam, dari mereka yang baru mulai merintis usaha hingga yang telah lebih dari satu dekade berjualan dan ingin memperdalam kemampuan digitalnya.
“Semua kelas ini gratis dan terbuka untuk seluruh pengusaha UMKM. Momentum satu dekade ini menjadi pengingat bahwa perjalanan mendampingi UMKM tidak berhenti di sini. Justru ini awal untuk berlari lebih jauh, membantu lebih banyak pengusaha lokal naik kelas dan membuat produk Indonesia semakin kuat,” kata Radynal.
Radynal bilang, modul atau kurikulum terus diperbarui mengikuti perubahan tren. Pelatihan pun berlangsung kasual, mengingat banyak pengusaha yang juga datang dari kalangan pengusaha pemula bahkan emak-emak yang rasa ingin tahunya sangat dalam, namun belum fasih menggunakan teknologi.
“28.000 ini bukan sekedar angka, mereka punya beberapa keluarga jadi bagaimana kita menggambarkan efek ekonominya yang mereka dapatkan Kampus UMKM Shopee Kelas online,” tutur Radynal.
“Trainer dan mentor-mentor kami kerap memberi tips agar produk mereka menjadi perhatian di tengah banyaknya produk di e-commerce. Kurikulum kami selalu customize, bahkan ada beberapa kurikulum AI yang jauh lebih powerful dan relevan untuk kondisi UMKM saat ini,” sambungnya.
Sebagai gambaran, Kampus UMKM Shopee Kelas Online Edisi Spesial 10 Tahun ini merupakan program yang memberikan akses 10 pelatihan online gratis bagi para UMKM yang dirancang praktis dan aplikatif mulai dari optimasi operasional, pemanfaatan fitur Shopee, pemasaran kreatif, hingga ekspor.
‘Kelas Online’ menawarkan kemudahan bagi seluruh UMKM untuk bisa memilih program pelatihan yang mereka butuhkan, dan dapat diikuti secara online oleh seluruh UMKM di 514 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.
Sejak tahun 2021, Kampus UMKM Shopee telah memberikan pelatihan bisnis digital kepada jutaan UMKM di seluruh Indonesia. Dari kegiatan tersebut, setidaknya 400 modul pelatihan disampaikan kepada para peserta pengusaha; mencakup berbagai topik yang sangat relevan dengan dinamika dan kebutuhan praktis UMKM di era digital.