Fitur Terbaru YouTube, Mulai dari Sleep Timer hingga Atur Kecepatan Video

Unsplash
Ilustrasi YouTube
Penulis: Kamila Meilina
Editor: Yuliawati
16/10/2024, 15.19 WIB

YouTube merilis sejumlah fitur baru hari ini. Pembaruan ini mencakup berbagai fitur mulai dari penyesuaian kecepatan pemutaran, peningkatan visual hingga sleep timer.

“Mulai hari ini, pembaruan ini diluncurkan di seluruh web, seluler, TV, dan YouTube Music,” tulis Direktur Manajemen Produk YouTube Matthew Darby dalam situs resmi YouTube pada Rabu (16/10).

Salah satu pembaharuan yang menarik perhatian adalah fitur Sleep Timer. Fitur ini bisa mengatur waktu dalam durasi tertentu untuk menghentikan pemutaran video otomatis, mulai dari 10 menit hingga satu jam setelah tidak ada aktivitas lain dari pengguna.

Fitur ini sebelumnya hanya dapat digunakan terbatas pada pengguna Youtube Premium saja. Kini fitur ini bisa diakses oleh seluruh pengguna.

Selain Sleep Timer, YouTube juga merilis banyak pembaruan fitur lainnya untuk pengguna. Misalnya meningkatkan kualitas video pada mode landscape, mengatur ukuran mini-player, hingga membuat thumbnail dengan gen AI.

Berikut beberapa fitur baru YouTube yang baru saja rilis:

1. Fine-tubeable Playback Speed Settings

Fitur ini untuk mengatur kecepatan pemutaran video. Pengguna kini bisa menyesuaikan kecepatan pemutaran video dalam kenaikan 0,05, bisa lebih lambat atau cepat.

2. Better Multitasking

YouTube memperkenalkan pemutar mini yang dapat diubah ukurannya sesuai keinginan pengguna sehingga mempermudah untuk melakukan beberapa tugas sekaligus saat menonton video. Ini bisa memudahkan pengguna yang sering berpindah antar aplikasi.

3. ⁠Collabotative Playlist

Fitur baru ini memungkinkan pengguna bekerja sama dalam pembuatan dan kurasi playlist. Anggota yang tergabung bisa memberikan suara pada lagu atau video yang ada di dalamnya. Selain itu, ada juga opsi untuk membuat thumbnail yang bisa dikustomisasi, termasuk pilihan menggunakan thumbnail yang dihasilkan oleh AI.

4. ⁠Sleep Timer

Fitur baru yang memungkinkan pengguna menghentikan video secara otomatis setelah waktu tertentu. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang suka menonton video sebelum tidur dan ingin video berhenti saat mereka tertidur.

5. ⁠New Badge Collection

YouTube kini memberi penghargaan berupa lencana kepada pengguna untuk pencapaian tertentu, seperti menjadi pendengar atau penonton setia sebuah channel, atau menerima pengakuan dari kreator konten

6. ⁠Improved Visual Experience

YouTube meningkatkan desain visualnya di seluruh platform, baik di web, mobile, maupun TV. Desain baru ini lebih interaktif, terutama untuk YouTube Shorts yang kini dioptimalkan untuk ditampilkan di layar TV, sehingga pengalaman menonton di berbagai perangkat lebih menyenangkan

Fitur-fitur ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna baik untuk konsumsi konten maupun kolaborasi. Semua ini dibuat berdasarkan umpan balik dari para pengguna YouTube.

“Pembaruan ini adalah hasil langsung dari umpan balik yang berharga itu, dan mereka hanya mewakili awal dari upaya berkelanjutan kami untuk membuat YouTube lebih baik untuk semua orang” tulis Matthew.

Reporter: Kamila Meilina