Tiga Karakteristik Digital Banking yang Penting untuk Diketahui

Katadata/Pingit Aria
Mengusung konsep gaya hidup, kantor cabang DBS Plaza Singapura dilengkapi sebuah kafe.
Penulis: Pingit Aria
17/12/2018, 18.19 WIB

Perkembangan teknologi semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk dalam bidang perbankan. Saat ini, aktivitas perbankan sudah bisa dilakukan lewat satu aplikasi di smartphone

Setelah akrab dengan istilah internet banking dan mobile banking, berikut adalah tiga hal tentang digital banking sebaiknya Anda tahu: 

1. Digital Banking tidak memerlukan kantor cabang

Bank beroperasi melalui jalur distribusi fisik dengan kantor cabang dan kantor cabang pembantu yang tersebar di pelosok daerah untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Sementara, digital banking merupakan layanan perbankan melalui sarana elektronik atau digital milik bank, di mana nasabah bank dapat melakukan aktivitas perbankan secara mandiri.

Digital banking memungkinkan nasabah untuk melakukan kegiatan seperti pembukaan rekening, deposito, dan investasi yang biasanya hanya dapat dilakukan melalui kantor cabang bank secara digital.

2. Digital Banking lebih dari sekadar aplikasi perbankan

Perbedaan digital banking dan mobile banking terletak pada fitur yang disediakan melalui satu aplikasi. Mobile banking memungkinkan nasabah melakukan transaksi seperti yang dapat dilakukan melalui ATM, termasuk transfer dana, pembayaran tagihan, pembelian voucher pulsa dan sejenisnya.

Halaman: