Saluran Digital Bisa Menghemat 15% Anggaran Iklan

Arief Kamaludin|KATADATA
Penulis: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
22/11/2018, 16.18 WIB

Kalangan industri nasional menyadari bahwa saluran digital bisa meningkatkan efektivitas pemasaran. Mengacu pada data McKinsey, jika targetting iklan digital yang spesifik berdasarkan data bisa menghasilkan efisiensi hingga 15% atas anggaran pemasaran.

Sejalan dengan hal itu, CEO Ada Srinivas Gattamneni menyampaikan, bahwa saluran iklan digital menciptakan lebih dari 70% peluang baru. "Digital dan data menghasilkan akuntabilitas, dan berujung pada hasil," kata dia dalam acara Re.Con Indonesia di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (22/11).

Oleh karenanya, pemasaran digital dengan analisis data yang tepat bisa meminimalisasi risiko seperti salah menyasar pasar. "Keduanya mengurangi risiko terkait budget berlebih untuk memilih agen dan vendor (pemasaran) yang salah," kata Srinivas.

Perusahaan telekomunikasi PT XL Axiata Tbk pun menyadari hal itu. Chief Enterprise Officer XL Axiata Kiriil Mankovski mengatakan, data membantu perusahaan menyasar pasar secara tepat, begitu pun dengan strategi pemasarannya. XL Axiata pun menggunakan media digital untuk menggaet lebih banyak konsumen.

(Baca juga: TV Masih Mendominasi, tapi Iklan Online Tumbuh Lebih Cepat)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati