Pendanaan masih menjadi masalah klasik bagi musisi Indonesia untuk berkarya. Mencoba memecahkan masalah itu, PT Kirai Adiwarna Nusantara merilis platform crowdfunding bernama Kolase.com yang menghimpun dana dari fans untuk membiayai proyek musisi idola mereka.
Saat ini, Kolase.com memiliki sekitar 10.750 pengguna. "Kami target 1 juta tahun ini," ujar CEO Kolase.com Raden Maulana saat peluncuran produk di Gandaria City, Jakarta, Jumat (27/4).
Sejak diluncurkan pada 1 Februari 2018 lalu, Kolase.com sudah menghimpun dana sekitar Rp 341 juta. Dana tersebut dipakai untuk mendanai 8 kolaborasi yakni 4.20 Nite 2018: Ego & Fungsi Otak; Last Goal! Party 5th Anniversary Showcase Party; Teman Gajah; Teman Gajah #2; Last Goal! Party 2nd Album; Teddy Adhity - Nothing is Real Showcase; Pentas Aksi Kemilau Menuju Album Thirteen ke-4; dan, Eirene Debut Album.
(Baca juga: Anterin.id, Pemain Baru Ojek Online)
Hingga akhir tahun ini, Maulana menargetkan 48 kolaborasi yang dibiayai dengan menghimpun dana dari masyarakat. Saat ini, 20 campaigner bergabung di Kolase. Beberapa di antaranya adalah Tulus, Fourtwnty, Teddy Adhitya, Thirteen, Bam Mastro, Berlian Entertainment, serta Info Pensi.
Ia pun membuka platform-nya bagi musisi mana pun yang bergabung dan mencari pendanaan. Syaratnya, karya yang dihasilkan menghindari diskriminasi Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan (SARA).
Di tahap awal ini, Kolase.com menghadirkan beberapa kategori proyek, yakni pendanaan album, acara live, konser, dan Tur. Selain itu ada juga pendanaan video musik, buku, dan brand extention bakal dirilis akhir bulan ini. "Kami juga akan luncurkan produk fesyen dan Augmented Reality (AR) setelah Agustus 2018," kata Maulana.
Untuk bisa menghimpun dana, Maulana mengimbau agar musisi gencar mempromosikan diri di media sosial. Sementara dari Kolase.com akan membantu memasarkan dan mencarikan sponsor. "Jangan takut boost kurang, kami bantu carikan sponsor," ujarnya.
(Baca juga: Merugi tapi Valuasinya Naik, Fenomena Bisnis Digital Indonesia)
Di awal pembentukannya, Kolase.com memperoleh kucuran dana US$ 750 ribu atau setara Rp 10,35 miliar dari PT Global Basket Mulia Investama. Dana tersebut digunakan untuk mengedukasi masyarakat atas peran mereka mendukung musisi Indonesia.
Nantinya, masyarakat yang menyumbang pembuatan album atau konser musisi akan mendapat diskon tiket konser, Compact Disc (CD), ataupun Digital Video Disc (DVD) dari album musisi yang didanai. "Pekerjaan Rumah (PR) kami adalah mengedukasi masyarakat untuk menghargai karya musik," kata dia.
Ari Lesmana, personel Fourtwnty pun mengakui manfaat dari adanya Kolase.com ini. Kurang dari sebulan berkampanye di Kolase.com, sebanyak 889 CD album terbarunya sudah terjual walaupun belum dirilis. Hal itu kemudian memacu dirinya dan dua personil lainnya, membuat album yang sesuai dengan ekspektasi fansnya.
Musisi lainnya yakni Glenn Fredly juga menilai gerakan semacam ini bisa membantu pemusik di Tanah Air. Bukan hanya dari sisi pendanaan, tapi juga mengedukasi masyarakat untuk berhenti membeli produk bajakan. Sebab, dengan turut membiayai pembuatan album ataupun konser musisi idolanya, masyarakat akan lebih menghargai karya asli. "Saya harap transparansi terus dikedepankan dalam program ini," ujar dia.