Facebook membagikan tiga tips mendapatkan uang hanya dengan bermain gim. Pengguna bisa memperoleh tambahan pendapatan dari Facebook Gaming, aplikasi yang baru saja diluncurkan oleh raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) ini.
"Kami sedang berfokus ke monetisasi layanan Facebook Gaming ini,” kata Head of Southeast Asia APAC Games Partnership Facebook Michael Rose saat video conference, Jumat (8/5).
Perusahaan mengkaji cara agar kreator bisa mendapat keuntungan dari bermain game online. Apalagi, banyak orang yang menghibur diri dengan bermain gim di tengah pandemi corona.
(Baca: Incar 700 Juta Pengguna per Bulan, Facebook Rilis Aplikasi Khusus Gim)
Hasilnya, Facebook memungkinkan kreator memperoleh pendapatan dari tiga cara. Pertama, iklan yang hadir pada konten streaming gim di Facebook Gaming. Kreator akan mendapat uang dari iklan, dengan syarat mencapai jumlah penonton minimal.
Kedua, kreator konten streaming gim akan mendapatkan US$ 0,01 per stars atau tanda suka dari penonton. Kreator yang memenuhi syarat terkait stars bisa mengatur akun pembayaran untuk mendapatkan uang dari Facebook.
"Stars sebagai cara menghargai kreator favoritnya. Ini cara secara tidak langsung menambah penghasilan kreator," kata Rose. (Baca: Tembus 350 Juta, Pemain Gim Fortnite Lampaui Jumlah Penduduk Indonesia)
Terakhir, melalui fan support atau langganan. Di layanan Facebook Gaming ada fitur yang memungkinkan komunitas gim mendukung para kreator dengan membayar secara bulanan.
"Pelanggan akan mendapatkan konten spesial," ujar Rose. Hanya, ia tidak memerinci berapa persen uang yang diterima kreator dari biaya bulanan tersebut.
Ia optimistis, Facebook Gaming akan diminati pengguna. Sebab, perusahaan mencatat setiap bulan ada lebih dari 700 juta pengguna yang berinteraksi dengan konten gim di Facebook. Lalu, ada sekitar 160 juta pengguna aktif di 450 ribu grup terkait gim di platform selama Maret.
(Baca: Jelang Hari Jadi ke-40, Google Hadirkan Gim Pac-Man Hari Ini)
Tak hanya itu. Jumlah penonton konten gim di Facebook Gaming di Indonesia tumbuh 210% secara tahunan (year on year/yoy) pada 2019. Padahal, Facebook Gaming baru berupa tab di platform, belum menjadi aplikasi khusus.
Facebook Gaming di Indonesia juga tumbuh secara signifikan. Tahun lalu, jumlah penonton konten gim Facebook di Indonesia tumbuh 210%.
(Baca: Dirilis Kemarin, PUBG Season 13 Hadirkan Tujuh Hal Baru)