Startup logistik Paxel mencatat jumlah pengiriman satu hari sampai atau same day delivery terus naik dari tahun ke tahun. Perusahaan pun berencana memperluas pasar dengan ekspansi ke luar Pulau Jawa dan Bali.
COO Paxel Zaldy Ilham Masita mengatakan perusahaan menggunakan strategi layanan pengiriman satu hari sampai untuk meraih konsumen sejak berdiri pada awal 2018. Ia mengklaim model bisnis itu diminati oleh konsumen dengan jumlah pengguna yang terus naik dari 86 ribu pada 2018 menjadi 600 ribu pada 2019.
Sedangkan jumlah pengiriman tercatat mencapai 1,5 juta atau tumbuh 650% sepanjang 2019 (year-on-year). Dari jumlah tersebut, 50% di antaranya berasal dari pengantaran makanan, sisanya terdiri dari produk fesyen dan kecantikan. Pertumbuhan itu, menurut Zaldy, menggambarkan perkembangan usaha kecil menengah (UKM) Indonesia, terutama di sektor makanan yang makin banyak mengandalkan layanan same day delivery.
Perusahaan pun optimistis bisa mencapai 3 juta pengiriman di kuartal pertama tahun ini. Salah satu strateginya dengan ekspansi ke tiga pulau yakni Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan.
"Ke Medan, Palembang, dan Makassar di kuartal pertama, sedangkan ke Kalimantan pada kuartal kedua," ujar Zaldy saat ditemui di Jakarta, Jumat (31/1).
(Baca: Didominasi Kuliner, Paxel Catat 1,2 Juta Pengiriman Hingga November)
Zaldy menjelaskan alasan perusahaan memilih ekspansi ke wilayah itu karena jalur angkut (line haul) penerbangannya cukup bagus. Apalagi salah satu mitra logistik antarpulau perusahaan, yakni Garuda Indonesia. "Banyak alternatif jadwal penerbangan ke sana," ujar dia.
Selain itu, ia mengatakan wilayah tersebut memiliki banyak lokasi kuliner yang jadi incaran masyarakat. "Seperti Medan, Palembang, dan Makassar itu merupakan sumber makanan, sebagai kota kuliner," ujar dia.
Perusahaan juga bakal merambah wilayah tier dua dan tiga di Pulau Jawa dengan total 15 kota, diantaranya yaitu Cirebon, Magelang, dan Pekalongan. Hingga saat ini perusahaan baru menyasar kota besar di Pulau Jawa dan Bali yang meliputi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Bandung, Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Denpasar.
Lebih lanjut Zaldy mengatakan minat masyarakat terhadap pengantaran makanan melalui same day delivery semakin besar karena penjual online bisa mendapatkan uangnya secara lebih cepat. Biasanya mereka baru mendapatkan uang penjualan setelah tiga hari sesuai waktu pengiriman menggunakan jasa logistik biasa.
"Dari sisi pembeli, mereka bisa mendapatkan makanan atau produk apapun yang mereka inginkan dengan cepat. Seperti Durian Ucok (dari Medan), kami bisa memesan secara same day delivery," ujar Zaldy.
Untuk menggunakan layanan satu hari, Paxel menetapkan persyaratan, yakni barang yang akan dikirimkan harus diterima oleh kurir Paxel sebelum pukul 14.00. "Di atas dari jam itu, pengantaran akan dilakukan besok," ujar dia.
Hingga tahun lalu, Paxel memiliki sekitar 1.400 kurir, jumlah tersebut meningkat 55% dari tahun sebelumnya. Sedangkan jumlah loket pintar yang menjadi hub pengiriman Paxel mencapai 263 unit yang tersebar di 12 kota di wilayah Jawa dan Bali.