GrabFood Grab Pimpin Pasar Asia Tenggara Tiga Tahun Berturut-turut

123rf.com/thamkc
Ilustrasi GrabFood
Penulis: Desy Setyowati
18/1/2023, 11.00 WIB

GrabFood besutan Grab memimpin pasar pesan-antar makanan (food delivery) di Asia Tenggara sejak 2020 hingga 2022, menurut data perusahaan venture building Singapura Momentum Works.

Momentum Works pertama kali membuat laporan mengenai pesan-antar makanan di Asia Tenggara sejak Januari 2021. GrabFood milik Grab tercatat memimpin pasar dalam tiga laporan 2020, 2021, dan 2022.

“Grab menjadi satu-satunya yang mempertahankan nilai transaksi bruto atau GMV secara berturut-turut selama tiga tahun,” demikian isi laporan Momentum Works, Selasa (17/1).

“Sedangkan Gojek sudah tiga tahun stagnan. Ini cermin dari dinamika dan persaingan di pasar Indonesia,” tambah Momentum Works.

Rincian GMV GrabFood, GoFood milik Gojek, dan platform pesan-antar makanan lainnya di Asia Tenggara selama 2020 – 2022, sebagai berikut:

GMV GrabFood, GoFood hingga ShopeeFood di Asia Tenggara selama 2020 - 2022 (Momentum Works & Katadata/DesySetyowati)

Sedangkan GMV GrabFood hinga GoFood di setiap negara di Asia Tenggara selama 2020 – 2022, yakni:

GMV GrabFood, GoFood hingga ShopeeFood di setiap negara di Asia Tenggara selama 2020 - 2022 (Momentum Works & Katadata/DesySetyowati)

“Grab merebut status pemimpin pasar di Malaysia dan Vietnam dari FoodPanda dan ShopeeFood,” demikian dikutip.

Dalam laporan keuangan kuartal III 2022, Grab mencatatkan titik impas untuk layanan pengiriman seperti GrabExpress, dan pesan-antar makanan GrabFood. Titik impas berarti tidak merugi, tapi belum untung.