Gojek dan Grab membagikan tips agar order pengemudi ojol bagus. Driver ojek online biasanya menggunakan istilah ‘gacor’ untuk menunjukkan jumlah order per hari yang memuaskan.
Gacor merupakan singkatan dari ‘garing corong’, istilah dalam bahasa Jawa yang digunakan untuk menggambarkan suara kicauan burung yang merdu. Istilah ini kemudian dipakai oleh pengemudi ojek online atau ojol.
Senior Vice President Corporate Affairs Gojek Rubi Purnomo mengatakan, selama ini perusahaan menyediakan pelatihan online melalui fitur Tips Pintar yang tersedia di aplikasi khusus mitra pengemudi.
“Tips Pintar berisi berbagai modul informatif yang dapat diakses oleh mitra driver di manapun dan kapanpun,” kata Rubi kepada Katadata.co.id, Jumat (18/8).
Fitur Tips Pintar memuat modul, termasuk tips dan trik atau Jurus Jitu Akun Gacor. Berdasarkan video di YouTube yang merujuk pada Tips Pintar Gojek menunjukkan, ada beberapa hal yang memengaruhi order, di antaranya:
- Riwayat kinerja mitra pengemudi ojek online atau ojol misalnya, tingkat penerimaan dan penyelesaian order
- Jumlah permintaan order dari pelanggan di sekitar mitra pengemudi ojek online atau ojol
Sementara tips agar akun ojol Gojek gacor sebagai berikut:
- Menyiapkan aplikasi. Pastikan aplikasi aktif, jika mitra pengemudi ojek online atau ojol sudah siap menjalankan order. Menonaktifkan aplikasi jika sedang beristirahat
- Aktifkan autobid supaya tidak ada order yang terlewat. Namun pastikan mitra pengemudi ojek online atau ojol siap menerima order.
- Atur harga maksimal order yang ingin diambil lewat fitur autobid
- Pastikan punya uang tunai yang cukup untuk membayar order pesan-antar makanan GoFood
- Pastikan punya saldo di aplikasi Gojek, supaya bisa menerima semua jenis order dan metode pembayaran
- Pastikan paket internet aktif dan kualitas sinyal yang baik
- Gunakan aplikasi resmi Mitra Gojek
- Pastikan aplikasi Mitra Gojek rutin diperbaharui
- Atur fitur GPS di aplikasi Mitra Gojek dengan akurasi tinggi
- Aktif atau memulai pekerjaan lebih awal guna memperbesar peluang mendapatkan order
- Perlu mengkaji tempat dan waktu yang memungkinkan order tinggi misalnya,
- Pagi Pukul 06.00 – 09.00 di perumahan
- Siang Pukul 10.00 – 13.00 di mal, sekolah, rumah makan
- Sore Pukul 16.00 – 19.00 di perkantoran
- Malam Pukul 19.00 – 21.00 di stasiun, terminal, halte bus, mal
“Sistem membutuhkan waktu untuk menyesuaikan order,” demikian dikutip dari YouTube tentang Tips Pintar Gojek. “Misalnya, sudah menunggu 30 menit di tempat yang ramai, namun tak kunjung mendapatkan order. Maka bisa berpindah ke tempat ramai yang lain.”
- Jangan memilah order
“Jangan mengetes aplikasi, lalu ketika ada order masuk tidak diambil,” demikian dikutip,
Namun Gojek mengingatkan bahwa tips akun ojol gacor tersebut hanya untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan order, bukan menjamin pesanan meningkat. Sebab, ada beberapa faktor yang memengaruhi jumlah order.
Grab juga membagikan tips agar akun ojol Grab gacor, di antaranya:
- Aktifkan seluruh layanan yang mitra pengemudi ojek online atau ojol miliki
- Merapat di lokasi yang ramai order dan pada jam sibuk
- Pastikan saldo di aplikasi Mitra Grab cukup
- Mengaktifkan fitur orderan turbo
- Hindari membatalkan order secara berlebihan
“Mitra pengemudi ojek online atau ojol juga dapat mengecek kesiapan order melalui fitur Diagnostik,” kata Grab melalui laman resmi.