Bangun Ekosistem, Telkom Target Pasar Gim Lokal Capai 20% pada 2024

Telkom
Founder & CEO Agate Arief Widhiyasa, SVP Media and Digital Business and EGM Digital Business PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Joddy Hernady, dan President Director and CEO PT Melon Indonesia Dedi Suherman.
11/7/2019, 08.00 WIB

PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) menggelar inisiatif Oolean untuk mengembangkan ekosistem gim di Indonesia. Melalui program itu, Telkom menargetkan pangsa pasar gim lokal naik dari 0,4% saat ini menjadi 20% pada 2024.

Inisiasi tersebut digarap Telkom melalui unit bisnis layanan hiburan Melon dan pengembang gim Agate. Oolean fokus pada empat hal yakni pengguna (user platfrom), pengembangan fim (game co-development), penerbitan gim (game co-publishing), dan membangun ekosistem (ecosystem investment).

Lewat inisiasi itu, EVP Media & Digital Business Telkom Joddy Hernady optimistis pangsa pasar gim lokal bisa mencapai 20% dalam lima tahun ke depan. “Memang cukup agresif (target kami), namun itu harus dilakukan supaya kami juga mau bekerja keras," kata dia saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (10/7).

(Baca: Minim Investasi, Pangsa Pasar Pengembang Gim Lokal Hanya 0,4%)

Joddy mengatakan, program tersebut akan memudahkan pengembang gim masuk ke ekosistem perusahaannya. Selain itu, ia menegaskan inisiasi ini membantu pengembang menciptakan lebih banyak gim. Telkom juga akan mendukung riset pra-publikasi produk hingga menyediakan inkubasi.

Ia optimistis, kolaborasi melalui Oolean ini akan menguntungkan Telkom. Sebab, melalui kerja sama ini, Telkom bisa menawarkan paket produk yang mencakup broadbandth connectivity dengan gim, video, musik, dan lainnya.

Halaman: