Hadirkan Arena VR, Bekraf Game Prime 2019 Target 18 Ribu Pengunjung

Michael Reily
6 Juli 2019, 14:28
Bekraf kembali menggelar Bekraf Game Prime 2019 pada 13-14 Juli 2019.
Bekraf
Bekraf kembali menggelar Bekraf Game Prime 2019 pada 13-14 Juli 2019.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggelar Bekraf Game Prime 2019 pada 13-14 Juli 2019. Bekraf menargetkan jumlah pengunjung naik dari 16 ribu tahun lalu, menjadi 18 ribu.

Pengunjung bisa mencoba gim Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), serta menyaksikan turnamen Mobile Legends. “Gim bukan lagi sekadar alat hiburan, tapi sudah dapat menciptakan karier profesional baru seperti pemain e-Sports, manajer, casters, publishers, bahkan content creaetors,” kata Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Sungkari dalam siaran pers, kemarin (5/7).

Ia mencatat, pendapatan dari industri gim mencapai US$ 800 juta pada tahun lalu. Secara internasional, nilai ekonomi industri ini sudah dua kali lebih besar daripada film. Karena itu, menurutnya sub sektor kreatif ini harus dikembangkan supaya bisa berkontribusi maksimal terhadap perekonomian nasional.

(Baca: Eksibisi Industri Gim Terbesar Indonesia Game Prime 2019 Digelar Juli)

Dia berharap, masyarakat dan pelaku usaha melihat gim dari sisi positif. Salah satunya, gim melatih kerja sama tim dan meningkatkan koordinasi. Selain itu, menurutnya para pemain gim memiliki literasi digital yang tinggi, sehingga tidak rentan terkena hoaks atau informasi palsu.

Bahkan, ia mencatat ada beberapa perusahaan besar yang menjadikan gim sebagai bagian dari rekrutmen pegawai. “Inovasi, teknologi, dan semua hal baru akan selalu ada yang positif dan negatif. Tidak adil jika hanya melihat industri gim dari sisi buruknya saja,” katanya. 

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...