Riset: Gen Z Cari Informasi di TikTok bukan Google

PEXELS
TikTok
Penulis: Desy Setyowati
1/3/2023, 11.33 WIB

Persentase Gen Z yang mencari informasi di TikTok ketimbang Google lebih besar dibandingkan generasi lain, menurut laporan Morning Consult. Mereka dinilai menjadi pasar potensial bagi para penerbit seperti perusahaan media dalam beberapa tahun ke depan.

“Persentase Gen Z yang mencari berita utama di Google Search lebih rendah ketimbang generasi lainnya. Sebagian besar dari mereka memilih TikTok,” demikian dikutip dari laporan Morning Consult, pekan lalu (21/2).

Rinciannya sebagai berikut:

Sarana yang dipilih dalam mencari berita per Februari 2023 (Morning Consult)

Itu berdasarkan survei terhadap 2.199 orang dewasa di Amerika Serikat (AS) selama 3 – 5 Februari. Margin of error +/- 2%.

“Namun perlu dicatat bahwa pluralitas orang dewasa Gen Z (39%) masih menunjukkan bahwa Google Search menjadi sarana mengumpulkan informasi berita. Hanya saja kelompok muda ini juga menunjukkan preferensi berbeda untuk mencari berita di TikTok,” demikian isi laporan.

Data tersebut juga menunjukkan, gen Z mencari informasi dari media sosial lainnya seperti YouTube dan Instagram.

Perusahaan media seperti The New York Times dan The Wall Street Journal pun membuat akun TikTok dalam enam bulan terakhir. Begitu juga dengan Financial Times dan Axios.

Halaman: