TikTok akan meluncurkan produk yang memungkinkan pengiklan menempatkan iklan di samping konten buatan penerbit premium. Sedangkan kreator konten (content creator) bakal mendapatkan 50% dari pendapatan iklan.

Produk tersebut bernama Pulse Premiere. Ini merupakan evolusi dari program Pulse TikTok. 

Produk itu memungkinkan sekelompok kreator konten untuk mengumpulkan setengah dari pendapatan dari iklan video yang muncul setelah unggahan mereka di TikTok.

“Merek seperti Buzzfeed, DotDash Meredith, NBCUniversal, UFC dan WWE akan menjadi yang pertama bergabung pada peluncuran produk yang disebut Pulse Premiere pada 4 Mei,” kata TikTok dikutip dari Reuters, Rabu (3/5).

TikTok menjelaskan produk itu memungkinkan pemasar menempatkan merek mereka pada 4% konten teratas di platform.

Langkah perusahaan itu disebut sebagai pergeseran untuk aplikasi berbagi video yang selama ini berfokus pada kreator independen.

Saat ini, TikTok menghadapi tekanan di Washington dan pelarangan penggunaan aplikasi tersebut di berbagai negara.

TikTok tercatat memiliki 150 juta pengguna aktif bulanan di Amerika Serikat. Jumlahnya naik dari 2020 sebanyak 100 juta.

Reporter: Lenny Septiani