Tesla hingga BYD Tercatat Belum Punya Target Pengurangan Emisi

Instagram @teslamotors
TESLA
23/9/2024, 12.02 WIB

Lebih dari 40% perusahaan besar, kota dan wilayah masih belum menetapkan target apa pun untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Termasuk dalam daftar tersebut adalah Tesla dan BYD yang merupakan produsen kendaraan listrik.

Net Zero Tracker, sebuah koalisi kelompok penelitian dari Universitas Oxford menyatakan hal itu setelah melakukan inventarisasi tahunan yang dirilis untuk mengukur kemajuan global dalam memerangi bencana besar.

Meskipun semakin banyak pemerintah dan perusahaan yang telah mengeluarkan janji net zero emission sejak tahun lalu, perhatian mereka semakin teralihkan oleh perang, pemilu, dan tantangan ekonomi. Kondisi ini meninggalkan kesenjangan komitmen” yang signifikan.

“Tema umum dalam laporan ini adalah kurangnya integritas secara terus-menerus,” kata John Lang, yang mengepalai Unit Intelijen Energi dan Iklim Net Zero Tracker, dikutip dari Reuters, Senin (23/9).

Tesla hingga BYD Belum Punya Target Pengurangan Emisi

Laporan tersebut mengkaji komitmen dan rencana aksi net zero emission di 198 negara, 706 wilayah sub-nasional, 1.186 kota, dan hampir 2.000 perusahaan publik.

Mereka menemukan 1.700 dari 4.000 entitas belum menetapkan target apapun. Di antara perusahaan-perusahaan yang tercatat di bursa, hanya di bawah 60% yang telah menetapkan target net zero emission. Angka tersebut naik 23% dibandingkan laporan tahun lalu, dengan peningkatan janji yang signifikan dari Asia.

Berdasarkan laporan tersebut, jumlah total perusahaan yang tidak memiliki target emisi turun menjadi 495, dari 734 pada tahun lalu. Mereka termasuk pembuat kendaraan listrik Tesla dan BYD, serta Nintendo, dan Berkshire Hathaway.

Laporan tersebut mengutip Kosta Rika, Volvo dan pemilik Google Alphabet sebagai contoh "praktik yang baik" dalam menerapkan janji net zero.

Namun, hanya 5% wilayah, kota, dan perusahaan yang memenuhi seluruh kriteria “kekokohan” Net Zero Tracker. Hal itu termasuk memiliki rencana terperinci untuk menghentikan penggunaan bahan bakar fosil.

Sekitar separuh wilayah, kota, dan perusahaan gagal menetapkan target gas rumah kaca non-CO2 seperti metana. Selain itu, banyak perusahaan juga gagal memperhitungkan emisi di seluruh rantai nilai mereka atau memperjelas seberapa besar akan bergantung pada penyeimbangan karbon untuk mencapai target.

Sebanyak 148 negara yang mencakup 88% total populasi dunia memiliki komitmen net-zero. Negara yang tidak termasuk daftar tersebut di antaranya Meksiko, Iran, dan Azerbaijan, yang menjadi tuan rumah perundingan iklim COP29 pada bulan November tahun ini.