PT PLN (Persero) bangun kantor bersama atau joint office dengan International Hydropower Association (IHA) dan Indonesia Hydropower Association (INAHA) yang bertempat di Kantor Pusat PLN.

Direktur Utama PT PLN, Darmawan Prasodjo, mengatakan peresmian ini merupakan wujud kolaborasi dalam merancang dan membangun energi baru terbarukan dengan skala besar untuk meminimalisir dampak dari perubahan iklim.

“Tidak hanya sebagai upaya Indonesia, tetapi juga upaya internasional,” ujar Darmawan dalam peresmian Kantor Bersama PLN-IHA-INAHA, di Jakarta, Rabu (18/9).

Darmawan mengatakan, adanya kantor bersama ini menjadi salah satu tanda hubungan antara PLN dan IHA yang erat. Diharapkan kerja sama tersebut akan terjalin lebih produktif.

Sementara itu, Presiden IHA, Malcom Turnbull, mengatakan kantor yang berlokasi di Jakarta akan menjadi salah satu tonggak untuk mendekarbonisasi sistem energi dunia terutama di Asia Tenggara. ekarbonisasi sistem energi menjadi sangat penting dan menjadi agenda global saat ini.

“Dan kita memiliki teknologi kuncinya, yaitu pembangkit listrik tenaga air yang dapat menyediakan kemampuan pengiriman, penyimpanan jangka panjang yang kita perlukan,” ujarnya.

International Hydropower Association (IHA) melihat, untuk mencapai peningkatan kapasitas pembangkit energi baru terbarukan (EBT) di dunia sesuai denga target yang dideklarasikan pada gelaran pertemuan iklim PBB COP28 di Dubai perlu dana dan intervensi dari pemerintah.

Reporter: Djati Waluyo