Wall Street Ditutup Naik Dipicu Saham-saham Keuangan

Pixabay/3D Animation Production Company
Ilustrasi Wall Street
12/7/2023, 09.15 WIB

Wall Street ditutup naik pada perdagangan Selasa (11/7) waktu setempat, seiring dengan optimisme menjelang laporan inflasi. Selain itu Wall Street terkerek akibat JPMorgan dan saham keuangan yang turut mengalami kenaikan sebelum laporan laba di akhir pekan ini.

Dow Jones Industrial Average naik 317,02 poin atau 0,93% menjadi 34.261,42. Lalu S&P 500 naik 29,73 poin atau 0,67%, menjadi 4.439,26. Serta Nasdaq Composite bertambah 75,22 poin atau 0,55% menjadi 13.760,70.

Saat ini investor tengah mencari petunjuk lebih lanjut tentang apakah tekanan harga mereda. Selain itu, investor turut mencari tahu tentang kebenaran dari Federal Reserve yang mendekati akhir dari siklus kenaikan suku bunganya.

Data harga konsumen Amerika Serikat (AS) akan dirilis pada Rabu (13/7) waktu setempat. Sedangkan laporan harga produsen akan dirilis pada esok harinya. Beberapa pejabat The Fed mengatakan minggu ini bank sentral kemungkinan perlu menaikkan suku lebih lanjut untuk mengekang inflasi tetapi akhir dari siklus pengetatan semakin dekat.

Adapun saham JPMorgan Chase & Co naik 1,6% setelah Jefferies meningkatkan level saham menjadi buy menjelang hasil kuartalan bank yang akan dirilis pada hari Jumat (14/7) mendatang.

Laporan dari JPMorgan dan bank besar lainnya akhir pekan ini diharapkan secara tidak resmi memulai awal periode pelaporan kuartal kedua. Indeks perbankan S&P naik 1,5%. Saham energi juga melonjak seiring dengan kenaikan tajam harga minyak.

Bank-bank Wall Street diperkirakan akan melaporkan laba yang lebih tinggi untuk kuartal ke dua karena kenaikan pembayaran bunga mengimbangi penurunan dalam pembuatan kesepakatan.

Lalu saham pembuat videogame Activision Blizzard ikut melonjak 10% setelah hakim AS memutuskan bahwa Microsoft dapat melanjutkan akuisisi yang direncanakan atas game "Call of Duty".

Saham Salesforce naik 3,9% setelah perusahaan layanan cloud mengatakan akan menaikkan harga beberapa cloud dan alat pemasarannya.

Selain itu, saham Amazon.com naik tipis 1,3% dengan acara belanja diskon 48 jam "Prime Day" yang berlangsung minggu ini.

Volume di bursa AS adalah 9,97 miliar saham, dibandingkan dengan rata-rata 11,1 miliar untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail