Penjualan Matahari Department Store Naik Tipis 1,4% Jadi Rp 9,6 T

Dok. Matahari Department Store
Selama enam bulan pertama tahun in, Matahari membukukan kenaikan pendapatan sebesar 5,37% menjadi Rp 3,76 triliun.
Penulis: Lona Olavia
26/10/2023, 18.29 WIB

PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) membukukan penjualan pada sembilan bulan pertama tahun 2023 sebesar Rp 9,6 triliun. Perolehan ini mencerminkan tingkat pertumbuhan 1,4%.

Namun kenaikan same store sales growth (SSSG) turun 2,3% didorong oleh kurangnya stimulasi Lebaran dan perlambatan perekonomian setelahnya. Sehingga, EBITDA periode tersebut sebesar Rp 1,1 triliun, turun dibandingkan tahun lalu sebesar Rp 1,5 triliun.

“Tantangan di segmen pasar menengah ke bawah diperkirakan akan tetap ada dalam jangka pendek namun secara bertahap membaik seiring dengan meredanya inflasi, dengan peningkatan likuiditas di perekonomian, dan Perseroan bersiap dengan produk-produk yang lebih segar, baru, dan lebih kompetitif dengan fokus pada portofolio merek yang lebih kuat di semua segmen," ungkap Terry O'Connor, CEO PT Matahari Department Store Tbk dalam keterangan resmi, Kamis (26/10).

Inisiatif untuk mendorong potensi penuh produk penjualan berjalan dengan baik. Suko mengalami kemajuan yang baik dalam perluasan gerai melalui peluncuran Shop-in-shop yang akan datang di 14 gerai berikutnya, sehingga totalnya menjadi 34 pada akhir tahun ini.

Merek eksklusif baru, Anyday, diluncurkan pada Oktober 2023. Merek ini dirancang untuk menangkal dampak inflasi pada konsumen.

“Demi meningkatkan produktivitas produk penjualan, akan ada fokus yang lebih besar dalam memaksimalkan tingkat penjualan barang dagangan pada harga normal dan upaya untuk mempercepat pengurangan persediaan lama dilakukan pada kuartal ini yang berdampak pada margin kotor,” katanya.

Inisiatif untuk mengoptimalkan jaringan gerai berjalan dengan baik meskipun Perseroan memiliki sejumlah kecil gerai dengan profitabilitas marginal yang harus ditangani berdasarkan daftar pemantauan terbaru.

Fokus ekspansi pada tahun 2024 adalah pada pembukaan gerai-gerai berkualitas tinggi dibandingkan volume. Sebagai bagian dari rencana, enam gerai diperkirakan akan dibuka pada tahun 2024, empat di antaranya merupakan konsep Matahari terbaru dan dua gerai adalah MU&KU.

Konsep MU&KU yang baru diperkenalkan, yang melayani segmen menengah ke atas, telah dipresentasikan baru-baru ini pada pengembang-pengembang yang diharapkan, dengan perkiraan peluncuran pada paruh pertama tahun 2024.

“Perseroan juga bermaksud untuk mempercepat upaya rebranding gerai dan mengalokasikan belanja modal pada gerai dengan potensi yang lebih tinggi,” ujar Terry.

Dalam waktu dekat, perseroan optimis bahwa musim-musim utama menjelang Natal 2023 hingga Lebaran 2024 telah dipersiapkan dengan baik dengan memanfaatkan persediaan yang lebih kini, inisiatif aliran produk penjualan dan merek-merek baru, serta investasi lebih besar dalam pembaruan gerai-gerai utama dan pemasaran.