Saham JARR Milik Haji Isam Meroket Usai 4 Orang Dekatnya Masuk Kabinet Prabowo

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Presiden Prabowo Subianto (kanan) melantik menteri dan kepala lembaga tinggi negara Kabinet Merah Putih di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10/2024).
21/10/2024, 16.07 WIB

Saham PT Jhonlin Agro Raya Tbk (JARR) melesat tembus 15% pada perdagangan Senin (21/10). Kenaikan saham  perseroan milik konglomerat Kalimantan, Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam, itu terjadi usai empat orang terdekatnya resmi dilantik jadi Menteri dan Wakil Menteri di era pemerintahan baru Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka. 

Saham JARR pada perdagangan pukul 15.06 WIB melesat hingga 15,53% ke level Rp 372 per saham. Volume yang diperdagangkan tercatat 56,10 juta dengan nilai transaksi Rp 20,77 miliar dan kapitalisasi pasar mencapai Rp 3,43 triliun. 

Apabila melihat tren pergerakan sahamnya, emiten yang bergerak di bidang perkebunan dan pengolahan minyak kelapa sawit itu melonjak 37,78% dalam seminggu terakhir. Tak hanya itu, secara year to date (ytd) sahamnya melambung hingga 50% dan terbang 138,46% dalam setahun terakhir. 

Haji Isam adalah crazy rich asal kalimantan yang memiliki perusahaan Jhonlin Group (JG). JG merupakan sebuah perusahaan konglomerasi yang beroperasi di berbagai sektor seperti pertambangan, layanan pelabuhan, transportasi udara, dan manufaktur. 

 Grup ini membawahi beberapa anak perusahaan, antara lain PT Jhonlin Baratama, PT Jhonlin Air Transport, PT Jhonlin Agro Mandiri, PT Jhonlin Marine and Shipping, PT Jhonlin Batu Mandiri, dan Jhonlin Agro Raya.

Siapa Saja Orang Dekat Haji Isam yang Masuk Kabinet?

Sebelumnya Presiden Prabowo Subianto mengumumkan daftar nama menteri dan wakil menteri yang akan membantunya di pemerintahan periode 2024–2029. Pada saat bersamaan, Prabowo juga mengumumkan nama-nama kepala badan dan lembaga setingkat menteri. 

Dari sejumlah nama tersebut terdapat empat tokoh yang memiliki hubungan dengan Haji Isam. Tercatat terdapat tiga orang dekat Haji Isam yang ditunjuk jadi menteri oleh Prabowo. Sementara, satu orang sisanya menjadi wakil menteri.

Empat orang tersebut adalah Andi Amran Sulaiman, sepupu Haji Isam yang diangkat Prabowo menjadi Menteri Pertanian. Kemudian Dudy Purwagandhi menjadi Menteri Perhubungan. Dudi Purwagandhi diketahui pernah bekerja di perusahaan milik Haji Isam, sebagai Direktur Utama PT Jhonlin Air Transport (JAT) dan Direktur PT Jhonlin Marine Trans pada kurun waktu yang sama yakni 2008-2009.

Selain itu, Dody Hanggodo ditunjuk Prabowo untuk menjabat Menteri Pekerjaan Umum (PU). Ia pernah menjabat sebagai komisaris di salah satu perusahaan Haji Isam.

Prabowo juga mengangkat Sulaiman Umar untuk menjadi wakil Menteri kehutanan. Sulaiman merupakan adik ipar dari Haji Isam alias suami dari Noor Andi Arinawati Arsyad atau Arina Sulaiman.

Reporter: Nur Hana Putri Nabila