Bank Indonesia Evaluasi Kasus Error Saldo Jutaan Nasabah Bank Mandiri

Arief Kamaludin|KATADATA
Bank Indonesia saat ini tengah mengevaluasi insiden perubahan saldo nasabah Bank Mandiri agar ada perbaikan kedepan.
Penulis: Rizky Alika
21/7/2019, 17.07 WIB

Bank Indonesia (BI) akan mengevaluasi masalah perubahan drastis saldo jutaan nasabah Bank Mandiri. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko mengatakan, evaluasi dilakukan agar ada perbaikan pelayanan.

"Saat ini diteliti dan evaluasi untuk improvement dan perbaikan ke depan," kata Onny kepada Katadata.co.id, Minggu (21/7).

Namun dia menilai permasalahan error Bank Mandiri sudah dapat diperbaiki. Selain itu, perlindungan konsumen juga telah dilakukan.

Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia Nomor 16/1/PBI/2014 tentang Perlindungan Konsumen Jasa Sistem Pembayaran, Pasal 10 menyebutkan penyelenggara, yaitu Bank Mandiri, wajib bertanggung jawab kepada konsumen atas kerugian yang timbul akibat kesalahan pengurus dan pegawai.

(Baca: Insiden Bank Mandiri, Pakar IT Duga Ada Human Error)

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BKPN) pun meminta BI perlu menerapkan mekanisme denda atas gagalnya sistem pembayaran.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika