Kartu Kredit BNI JCB Raih Dua Penghargaan JCB Indonesia Award 2020

Katadata
Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies (ketiga kanan) pada JCB Indonesia Award 2020 di Jakarta, Selasa (9 Maret 2021). BNI memenangkan kategori Internasional yakni The 3rd Best of Issuing Sales Volume in Southeast Asian Countries 2020 dan kategori Indonesia sebagai Best Total Number of Cards in Circulation in Indonesia 2020.
Penulis: Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
9/3/2021, 19.21 WIB

Kartu Kredit BNI JCB, produk hasil kerjasama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dengan PT JCB International Indonesia, perusahaan merk pembayaran internasional yang berpusat di Jepang, meraih dua penghargaan pada ajang JCB Indonesia Award 2020.

Dalam acara yang digelar secara daring di Jakarta, Selasa (9/3), Kartu Kredit BNI JCB memenangkan penghargaan untuk kategori Internasional. Penghargaan tersebut adalah The 3rd Best of Issuing Sales Volume in Southeast Asian Countries 2020 dan kategori Indonesia sebagai Best Total Number of Cards in Circulation in Indonesia 2020.

Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies mengapresiasi penghargaan yang diberikan kepada Kartu Kredit BNI JCB. Corina mengatakan, penghargaan tersebut istimewa karena diraih di tengah kondisi perekonomian global yang menantang akibat pandemi Covid-19. Kendati menghadapi tantangan berat, outstanding Kartu Kredit BNI JCB pada 2020 mampu mencatat pertumbuhan 2,15% dibandingkan pencapaian periode yang sama 2019. 

"Sejak kerja sama dilakukan pada 2014, BNI dan JCB telah banyak melakukan kolaborasi program untuk akuisisi maupun usage yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah kartu dan sales volume, termasuk salah satunya melakukan event Japan Travel Fair," kata Corina.

Menurutnya, Jepang merupakan salah satu negara favorit tujuan wisatawan Indonesia. Hal itu yang menjadi alasan BNI bekerja sama dengan JCB, karena melihat adanya potensi yang dapat digarap dari segmen tersebut. 

"Kartu kredit BNI JCB memiliki program khusus bagi pemegang kartu yang bertandang ke Jepang seperti Airport Limousine Special Offers, program di JCB Plaza Tokyo dan diskon di merchant-merchant Jepang yang bisa menjadi daya tarik tersendiri," ujar Corina.

Kerjasama antara BNI dan PT JCB International Indonesia dimulai pada 2014 dengan merilis produk Kartu Kredit BNI JCB Platinum yang kemudian berubah menjadi BNI JCB Precious. Kemudian pada 2017, BNI dan JCB menerbitkan varian Kartu Kredit BNI JCB Gold.

Pada 2021, kerja sama keduanya beranjut. Corina mengungkapkan, kerja sama dengan JCB selaras dengan fokus bisnis Kartu Kredit BNI yang menyasar segmen premium, dimana JCB memiliki Kartu Kredit BNI JCB Precious. 

Sementara itu, Direktur Utama PT JCB International Indonesia Koichiro Wada mengatakan, sejak adanya pandemi, gaya hidup masyarakat dan pasar berubah dengan sangat cepat.

“Melalui teknologi serta layanan terkini hasil kerjasama dengan berbagai mitra, perusahaan akan menyediakan layanan baru yang menarik dan bernilai sebagai perusahaan merek pembayaran yang terus aktif dipilih oleh pelanggan,” tuturnya.

JCB Indonesia mengapresiasi kerjasama yang terjalin erat dengan seluruh mitra bisnis, khususnya para rekan-rekan bank. Sehingga, perusahaan dapat secara konsisten mengembangkan bisnisnya di Indonesia serta mampu meraih pencapaian yang baik pada 2020.

Untuk diketahui, JCB Indonesia Award telah diselenggarakan sejak tahun 2020. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas kinerja dan kerjasama bisnis yang telah tercapai di tahun sebelumnya. Pada tahun 2021, acara ini diadakan secara virtual sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus Covid-19. Terdapat 9 kategori penghargaan dibagikan dalam ajang tersebut.

Acara JCB Indonesia Award akan dihadiri oleh perwakilan enam bank penerbit Kartu JCB. Selain itu, JCB Indonesia juga mengundang berbagai rekanan di bidang keuangan lainnya dengan total undangan mencapai 100 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, khususnya Jakarta.