Dongkrak Kredit UMKM, BCA Siapkan Platform Jualan Online bagi Pebisnis

Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Jahja Setiaatmadja selaku Presiden Direktur memberikan sambutan dalam hari ulang tahun ke 62 BCA di ICE BSD, Tanggerang, Banten (22/2).
Penulis: Ihya Ulum Aldin
Editor: Lavinda
15/4/2021, 20.27 WIB

PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) menyediakan platform digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk melancarkan aktivitas bisnis secara virtual. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat sekaligus transaksi ekonomi di tengah bulan Ramadan.

Presiden Direktur Bank Central Asia (BCA) Jahja Setiaatmadja menilai pandemi Covid-19 yang berlangsung selama lebih dari setahun terakhir ini telah berdampak pada tingkat penyaluran kredit perbankan. Padahal daya beli masyarakat masih sangat besar. 

"Kemampuan daya beli masyarakat sebenarnya ada. Tinggal bagaimana mobilitas masyarakat bisa tergantikan dengan sarana virtual. Karena kami tahu, selama Covid-19, mobilitas yang berkurang," kata Jahja dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (15/4).

Untuk itu, perseroan menggelar festival virtual yang dapat mempertemukan pembeli dan UMKM dari seluruh Indonesia. Program bertajuk BCA Virtual Fest itu mulai digelar pada Jumat (16/4). 

Acara yang akan berlangsung selama tiga pekan ini akan menjadi ajang pameran dari luar jaringan (offline) ke dalam jaringan (online) yang diikuti sekitar 1.700 UMKM dengan lebih dari 18.000 produk unggulan.

Selain menyediakan sarana pemasaran produk melalui platform digital, acara virtual itu juga menggelar beragam webinar, mentoring, hingga sesi business matching yang membuka akses pasar bagi UMKM untuk mengekspor produk ke luar negeri.  

Menurut Jahja, acara ini sengaja diadakan para bulan Ramadan dan menjelang lebaran, karena konsumsi masyarakat biasanya meningkat. Terlebih ada pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) yang berpotensi semakin meningkatkan daya beli.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin