Studi Jenius Sebut Transaksi via Digital Naik selama Pandemi Covid-19

ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp.
Ilustrasi transaksi digital
Penulis: Lavinda
16/4/2021, 15.25 WIB

Layanan keuangan digital milik PT Bank BTPN Tbk., Jenius menerbitkan studi terkait perubahan perilaku transaksi keuangan masyarakat selama pandemi Covid-19. Hasilnya diketahui bahwa masyarakat lebih sering menggunakan platform keuangan digital selama pandemi Covid-19.

Studi bertajuk 'Adaptasi Masyarakat Digital Savvy Selama Pandemi' ini melibatkan 567 responden yang berusia 26-40 tahun. Berdasarkan hasil studinya diketahui, penggunaan digital banking sebelum pandemi hanya 71%. Namun jumlahnya meningkat signifikan menjadi 83% selama pandemi. Sebaliknya, penggunaan ATM mencapai 45% sebelum pandemi, namun menurut menjadi hanya 34% selama pandemi.

Digital Banking Business Product Head BTPN Waasi B. Sumintardja menjelaskan masyarakat beradaptasi dengan mengubah cara dalam melakukan banyak hal selama lebih dari satu tahun, termasuk mengelola keuangan.

“Kini masyarakat mulai terbiasa dengan transaksi online dan mengurangi transaksi fisik,” ujar Waasi dalam keterangan tertulis, Jumat (16/4).

Survei ini juga menggambarkan tujuan finansial masyarakat pada 2021. Dari jawaban seluruh responden diketahui, sebagian besar berharap kondisi keuangan stabil (80%), lebih banyak menabung (68%), investasi (545), menyiapkan dana darurat (44%), dan memiliki aset (44%).

Halaman: