Aplikasi Livin' Error di iPhone iOS16, Ini Penjelasan Bank Mandiri

Katadata/Agustiyanti
Ilustrasi. Bank Mandiri tengah memperbarui sistem Livin' agar dapat digunakan di seluruh perangkat iPhone.
Penulis: Agustiyanti
13/9/2022, 21.40 WIB

Bank Mandiri tengah berupaya menyelesaikan permasalahan pada aplikasi Livin' yang tidak dapat berfungsi normal pada sejumlah perangkat iPhone. Sejumlah nasabah mengeluh tidak dapat menggunakan aplikasi Livin' pada ponsel iPhone mereka yang telah diperbarui dengan sistem iOS16. 

"Terkait dengan update iOS 16 yang baru dirilis, saat ini kami sedang melakukan updating sistem Livin' agar dapat digunakan secara optimal di semua jenis iPhone," ujar VP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri, Thomas Wahyudi kepada Katadata.co.id, Selasa (13/9). 

Thomas mengatakan, pihaknya menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami nasabah. Nasabah yang tidak dapat menggunakan aplikasi Livin untuk sementara, menurut Thomas, dapat menggunakan alternatif channel kami lainnya seperti Mandiri ATM atau Mandiri USSD *141*6# untuk bertransaksi.

"Kami juga terus mengimbau kepada nasabah untuk tetap berhati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan Bank Mandiri," ujarnya.  

Keluhan dari para nasabah yang tidak dapat menggunakan Livin di perangkat iPhone miliknya muncul di Twitter. Salah satunya datang dari akun @AryoBimoN yang mengeluhkan aplikasi Livin’ Mandiri tidak bisa dibuka setelah update ke iOS 16. Keluhan serupa juga datang dari A.A. Chandra Wijaya. Pemilik akun @ya2kk ini mengunggah video yang menunjukkan bahwa aplikasi Livin tak dapat dibuka pada ponsel IPhone miliknya. 

Keluhan juga datang dari pengguna akun @dan yang menyebutkan bahwa Iphone SE3 miliknya yang telah diperbarui dengan iOS16 tidak dapat digunakan. 

Menanggapi pertanyaan sejumlah warganet, costumer care Bank Mandiri menjelaskan bahwa layanan Livin' belum mendukung iOS 16 secara optimal.

"Jika berkenan Bpk/Ibu dapat melakukan downgrade ke versi IOS 15. (1)," demikian pertanyaan akun Twitter @Bank Mandiri.

Bank Mandiri juga menyarankan nasabah yang tidak dapat mengakses Livin' untuk menggunakan alternatif channel Bank Mandiri lainnya, seperti Mandiri ATM atau Mandiri USSD *141*6# untuk bertransaksi. 

Meski demikian beberapa nasabah di akun Twitter menyebut, aplikasi Livin berjalan dengan normal di Iphone yang telah diperbarui iOS mereka. Katadata.co.id sendiri menjajal penggunaan aplikasi Livin' di iPhone 14 dengan sistem iOS14 baru yang sebelumnya digunakan pada ponsel android. Namun, aplikasi tidak dapat memproses verifikasi yang dilakukan melalui sms. 

Katadata.co.id berupaya menkonfirmasi permasalahan terkait aplikasi Livin. Namun, belum ada pernyataan resmi dari Bank Mandiri. 

Apple resmi meluncurkan pembaruan atau update iOS 16 pada Selasa (13/9) pukul 00.00 WIB. iOS16 membawa berbagai fitur yang cukup menarik,  salah satunya fitur untuk memodifikasi tampilan lock screen iPhone.