Liputan Khusus | IDE Katadata 2024

Tiga Pilar Bank DBS Indonesia untuk Bisnis Berkelanjutan

Katadata
Djoko Soelistyo selaku Executive Director – Head of Investment & Insurance Product, Consumer Banking Group PT Bank DBS Indonesia di sesi “Financial Frontier: Confronting the Unpredictable” pada acara Indonesian Data Economic and Conference (IDE) Katadata 2024, di Jakarta, Selasa (5/3).
6/3/2024, 11.50 WIB

PT Bank DBS Indonesia berkomitmen terus menerapkan prinsip bisnis berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan pergeseran nilai di kalangan perbankan yang kini berorientasi kepada environmental, social, governance (ESG).

Djoko Soelistyo selaku Executive Director – Head of Investment & Insurance Product, Consumer Banking Group PT Bank DBS Indonesia mengatakan, komitmen tersebut dibuktikan melalui keberpihakan perusahaan terhadap tiga nilai berkelanjutan.

Nilai-nilai tersebut tertuang menjadi tiga pilar bisnis berkelanjutan Bank DBS Indonesia sejalan dengan visi “Best Bank for a Better World”. Pilar yang dimaksud adalah responsible banking, responsible business practices, dan social impact beyond banking.

“Kami mempunyai tiga pilar bisnis berkelanjutan yang bukan hanya sekadar untuk mendukung literasi dan inklusi keuangan, tetapi juga mendukung pembangunan,” tutur Djoko di sesi “Financial Frontier: Confronting the Unpredictable” pada acara Indonesian Data Economic and Conference (IDE) Katadata 2024, di Jakarta, Selasa (5/3).

Sesi tersebut turut dihadiri Senior Executive Vice President Retail Digital Solutions PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Rian Eriana Kaslan, CEO & Co-founder Kredivo Group Akshay Garg, serta CEO Indondax Oscar Darmawan. Diskusi dimoderatori Ekonom Senior Masyita Crystallin.

Lebih jauh, Djoko menjelaskan soal pilar pertama responsible banking, Bank DBS Indonesia berkolaborasi dengan sejumlah pihak, baik untuk pasar corporate banking maupun consumer banking.

Corporate banking, misalnya, perusahaan menyediakan fasilitas pendanaan transisi untuk perusahaan yang hendak beralih ke energi terbarukan. Sementara itu, terkait consumer banking maka ditawarkan fitur “Live Better” melalui aplikasi digibank by DBS Indonesia.

“Produk-produk yang kami tawarkan fokus membantu masyarakat dari semua segmen, individu sampai korporasi. Kami pun bekerja sama dengan pihak lain supaya bisa menjangkau masyarakat dari berbagai kalangan, terutama yang unbankable,” kata Djoko.

Halaman: