PSBB Ketat Bikin Konsumen Makin Pesimistis Kondisi Ekonomi RI

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.
Ilustrasi. BI mengindikasikan keyakinan konsumen makin melemah pada September.
6/10/2020, 14.05 WIB

Survei Konsumen Bank Indonesia mengindikasikan keyakinan konsumen melemah pada September. Indeks Keyakinan Konsumen turun dari 86,9 pada Agustus menjadi 86,9, makin terjerumus dalam zona pesimis akibat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar. IKK masuk dalam zona pesimistis jika indeks berada di bawah 100. 

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko menjelaskan, keyakinan konsumen melemah pada September karena menurunnya ekspektasi konsumen pada kondisi ekonomi saat ini maupun enam bulan mendatang. Ekspektasi konsumen saat ini, terutama dipengaruhi oleh kebijakan PSBB yang kembali diperketat di DKI Jakarta seiring kasus Covid-19 yang terus meningkat. 

"Keyakinan konsumen yang melemah terjadi pada seluruh kategori responden, baik menurut tingkat pengeluaran maupun kategori kelompok usia," tulis Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam keterangan resminya, Jakarta (6/10).

Kebijakan PSBB berdampak pada penurunan aktivitas ekonomi dan terbatasnya penghasilan masyarakat. Keyakinan konsumen terhadap penghasilan terutama melemah pada maasyarakat kelompok pendapatan Rp 1-2 juta dengan usia 20-30 tahun. Sementara keyakinan konsumen untuk membeli barang tahan lama terutama menurun pada kelompok masyarakat berpendapatan di atas Rp 5 juta pada usia 20-50 tahun. 

Survei BI juga menemukan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi pada enam bulan yang akan datang juga melemah. Ini terutama karena perkiraan terhadap ekspansi kegiatan usaha, ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan ke depan yang tidak sekuat pada bulan sebelumnya, meskipun berada pada level optimistis.

Secara spasial, keyakinan konsumen menurun di 13 dari 18 kota survei, dengan penurunan terdalam di Jakarta, diikuti Denpasar, dan Padang. Kasus harian terkonfirmasi positif Covid-19  di Jakarta rata-rata bertambah 1.123 kasus dalam sepekan terakhir. Pada Senin (5/10), terdapat tambahan 822 kasus positif Covid-19. Angka tersebut menurun dari sehari sebelumnya yang sebesar 1.430 kasus.

Pemerintah terus menekankan pentingkan disiplin protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak untuk menekan penyebabran kasus Covid-19. Gerakan 3 M menjadi cara paling ampuh mencegah infeksi virus corona sebelum vaksin tersedia. 

Di tengah keyakinan konsumen yang melemah, rata-rata proporsi pendapatan konsumen yang digunakan untuk konsumsi meningkat dari 67,4% menjadi 68,8%. Peningkatan ini diikuti dengan menurunnya porsi pendapatan yang ditabung dari 20,4% menjadi 19,8%. Rata-rata rasio pembayaran cicilan/utang yang menurun dari 12,2% menjadi 11,4%.

Berdasarkan kelompok pengeluaran, peningkatan rata-rata porsi konsumsi terhadap pendapatan terjadi pada seluruh kategori pengeluaran. Kenaikan tertinggi pada responden dengan pengeluaran di atas Rp 5 juta per bulan.

Sementara itu, penurunan porsi tabungan terhadap pendapatan terjadi pada sebagian besar tingkat pengeluaran responden. Terutama pada responden dengan tingkat pengeluaran di atas Rp 5 juta per bulan.

Kepala Ekonom Danareksa Research Institute Moekti Soejachmoen menilai penurunan IKK didorong oleh peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia, seiring beberapa wilayah yang memberlakukan kembali pembatasan sosial. Perekonomian domestik  masih lambat meskipun realisasi program perlindungan sosial telah dipercepat. "Hanya 5% konsumen yang menyatakan bahwa kondisi ekonomi saat ini baik," tulis Moekti dalam hasil risetnya yang diterima Katadata.co.id, Selasa (6/10).

Berdasarkan survei yang digelar Danareksa, kepercayaan konsumen paling melemah di daerah perkotaan. Sebaliknya, keyakinan konsumen menguat di daerah pedesaan.

Hasil survei turut mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap pemerintah semakin meningkat. Konsumen lebih percaya pada kemampuan pemerintah untuk menstabilkan harga umum sesuai dengan deflasi yang terjadi di Indonesia pada bulan Juli dan Agustus 2020.

Selain itu, konsumen menunjukkan kepercayaan yang lebih besar pada kemampuan pemerintah untuk menegakkan supremasi hukum, menstabilkan harga umum, memastikan lingkungan yang aman dan teratur,  dan memacu pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya, konsumen menyatakan kurang percaya pada kemampuan pemerintah untuk menyediakan dan memelihara infrastruktur publik.

Reporter: Agatha Olivia Victoria

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan