PT Bank Permata Tbk (PermataBank) dan PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) meluncurkan AVA Infinite Protection, sebuah produk asuransi jiwa tradisional dengan masa pertanggungan seumur hidup hingga usia 99 tahun. Produk asuransi tersebut menyasar nasabah berusia produktif (15-59 tahun) yang sekaligus merupakan generasi sandwich.

Survei Ekonomi Nasional (Susenas) pada 2017 menunjukkan, 62,64 persen kaum lansia di Indonesia tinggal bersama anak dan cucunya. Kondisi ini memperlihatkan bahwa cukup banyak orang Indonesia berusia produktif yang menopang kehidupan orang tua, sekaligus menopang dirinya sendiri, anak, bahkan saudaranya. Generasi inilah yang dikenal dengan sebutan generasi sandwich.

Pada sisi lain, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan rasio ketergantungan penduduk lanjut usia (lansia) terus meningkat setiap tahunnya. Rasio ketergantungan lansia sebesar 16,76 pada 2021. Angka rasio tersebut meningkat 1,22 poin dari tahun sebelumnya yang sebesar 15,54. Hal ini mengindikasikan bahwa 100 orang penduduk usia produktif harus menanggung setidaknya 17 orang penduduk lansia.

Division Head of Wealth Management, Retail Liabilities & Debit Card Products PermataBank, Ricky Diego Yap, mengatakan peluncuran AVA Infinite Protection merupakan bentuk komitmen PermataBank dan Astra Life dalam mengedukasi masyarakat mengenai literasi keuangan.

“Kami ingin meningkatkan kesadaran generasi muda tentang pentingnya mempersiapkan proteksi untuk hidup yang tenang dan finansial yang aman. Tidak hanya memberikan perlindungan jiwa yang lengkap, tetapi juga diharapkan dapat mempersiapkan generasi sandwich yang cenderung memiliki banyak tanggungan,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (9/1/2023).

Halaman: