Sarwendah Kecewa Streaming Jualan di TikTok Live Sepi Penonton

Instagram @sarwendah29
Berbeda jauh dengan TikTok Live, pengalaman Sarwendah saat sesi Shopee Live mendapatkan respon yang luar biasa, penontonnya banyak.
Penulis: Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
15/9/2023, 16.04 WIB

Istri Ruben Onsu, Sarwendah, viral lantaran videonya sedang marah-marah tersebar. Dari potongan video tersebut, terlihat dia sedang marah saat berjualan online di TikTok karena penonton di TikTok Live sedikit.

Sebagai public figure, mudah untuk menarik perhatian netizen agar menonton live streaming-nya. Tapi, di dalam salah satu kesempatan, live yang dilakukan Sarwendah di TikTok malah sepi penonton.

Hal tersebut bertolak belakang dari fakta bahwa ia sangat berpengalaman dan sudah seringkali melakukan live streaming dengan hasil memuaskan. Melihat sesi streaming kali ini dengan antusias penonton yang sedikit, Sarwendah merasa kecewa. Ia tak kuasa menahan rasa kesal saat live tersebut.

"Kalau di tempat orang lain, jualan handphone enggak apa-apa. Kalau host yang live juga dua ribu yang nonton, memang bangke ya," kata Sarwendah, dikutip dari akun Tiktok @hanayafans.

Mendengar dia kesal, tim dan orang-orang di belakang kamera bukannya menenangkan, justru memintanya terus marah-marah demi mendapatkan banyak penonton.

"Marah-marah bun, biar naik bun," kata pria di belakang kamera.

Unggahan tersebut pun menarik perhatian netizen di media sosial dan menuai beragam reaksi. Ada yang terkejut, ikut kecewa, bahkan menanyakan mengapa Sarwendah bisa sampai semarah itu.

"Ini bener bunda, kok gitu ya ngomongnya," kata akun @akuaj.

"Apa aslinya memang seperti ini," sahut akun @akubia.

"Ngomong bangke," tambah @simanj.

Bunda Sarwendah dikenal sebagai seorang artis yang aktif berjualan live streaming untuk menjual produknya sendiri maupun orang lain. Namanya juga melejit melalui bisnis daring yang terus berkembang.

Berbeda jauh dengan TikTok Live, pengalaman Sarwendah saat sesi Shopee Live mendapatkan respon yang luar biasa, penontonnya banyak. Alhasil, traffic juga tinggi serta banyak yang membeli produknya.

Bahkan, Sarwendah berhasil mencatat berbagai pencapaian bombastis saat sesi live stream-nya di Shopee Live, serta menunjukkan kolaborasi kuat dengan berbagai mitra brand. Keberhasilan tersebut tak lepas dari kepercayaan yang dibangun Sarwendah sebagai salah satu top streamer.

Pada Agustus 2023, Sarwendah kembali memperlihatkan keunggulannya sebagai host saat sesi Shopee Live. Langsung dari gudang jenama lokal Tally, Sarwendah melakukan sesi live streaming dan berhasil mencetak rekor dengan peningkatan omset 75 kali lipat.

Selain Tally, banyak deretan jenama lokal lain yang ikut menorehkan kesuksesan saat berjualan melalui live streaming di Shopee Live. Beberapa contoh, misalnya sesi Shopee Live Erigo x JKT48 bersama Zee JKT48 dan Raffi Ahmad yang sukses pecahkan rekor penjualan sebesarRp5 miliar, kurang dari 10 menit.

Pencapaian yang sama juga dirasakan merek fesyen lokal Eiger saat puncak kampanye Shopee 8.8 lalu. Eiger mengalami peningkatan penjualan 16 kali lipat melalui Shopee Live.

Saat Shopee menghadirkan kampanye 9.9 Super Shopping Day, turut dimanfaatkan Sarwendah untuk menghadirkan beberapa sesi Shopee Live. Berbekal gaya khas dan celetukan-celetukan lucunya saat berjualan, menjadikan Sarwendah sukses sebagai salah satu TOP Streamers pada puncak 9.9 Super Shopping Day.

Dia sukses mencatat rekor baru, sebanyak 180 ribu penonton secara bersamaan mengikuti momen Flash Sale 9RB Mobil Toyota Avanza. Sesi ini dipandu Sarwendah melalui toko @Sarwendahofficial di Shopee Live.

Antusias para penjual dalam memanfaatkan Shopee sebagai platform jual beli terlihat juga dari hasil survei IPSOS tentang seller online pada Maret 2023. Kajian ini mencatat, Shopee diasosiasikan sebagai marketplace paling memberikan omzet terbesar bagi bisnis para online seller.

Berdasarkan pilihan responden, Shopee juga menjadi marketplace alias lokapasar pada urutan pertama yang paling menguntungkan para online seller.

Fitur interaktif, seperti live streaming, membuat transaksi jual beli antara penjual dan pembeli jadi lebih mudah dan sangat diminati. Melihat hal ini, para platform lokapasa pun berlomba untuk menyediakan fitur live streaming.

Survei IPSOS menemukan, responden memilih Shopee sebagai marketplace dengan fitur interaktif terbaik. Hal ini semakin menunjukan bagaimana Shopee Live menjadi incaran masyarakat untuk berbelanja kebutuhan.

Apabila dilihat dari sisi pembeli, melalui riset Populix berjudul Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia terungkap, fitur interaktif seperti Shopee Live merupakan platform live streaming paling sering dipakai untuk belanja online. Sebanyak 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang tersering mereka pakai.

Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat masyarakat, dinyatakan oleh 60 persen responden.

Sementara itu, Shopee menunjukan porsi pangsa pasar dari jumlah dan nilai transaksi yang tertinggi. Pada indikator pangsa pasar jumlah transaksi (share of order), Shopee Live berhasil mencatat pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi (56 peren) dalam enam bulan terakhir.

Dan, pada pangsa pasar nilai transaksi (share of revenue), Shopee Live menduduki peringkat pertama dalam mencatatkan pasar nilai transaksi terbesar.

Sejauh ini, Shopee terus memimpin peta persaingan industri e-commerce, baik secara gambaran besar dari sisi penjual maupun saat difokuskan kepada fitur live streaming shopping.