Dua pemain raksasa, TikTok Live dan Shopee Live sedang berlomba-lomba merajai pasar live shopping di Indonesia. Shopee memang lebih dulu memulai pangsa pasar e-commerce di Indonesia. Lantas, bagaimana strategi Shopee untuk dapat mengalahkan TikTok Live?
Jika ditelaah, pamor keduanya seakan menunjukan kekuatannya masing-masing dalam mengubah konstelasi persaingan e-commerce di Indonesia.
Shopee Live memang dirancang sebagai salah satu fitur di e-commerce Shopee untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang interaktif.
Siapapun pengguna baik pembeli dan penjual yang membuka Shopee Live memang sudah memiliki intensitas untuk jual beli secara real-time. Sebaliknya, TikTok Live sendiri adalah bagian dari platform sosial media milik TikTok.
Fokusnya lebih diutamakan ruang konten kreatif, seperti musik, dance, tips, maupun komedi, sehingga intensitas masyarakat membuka platform TikTok Live akan lebih cenderung sebagai hiburan dibanding untuk berbelanja.
Melihat hal tersebut, fitur live shopping dari platform belanja e-commerce seperti Shopee Live akan lebih cocok untuk para brand dan seller yang ingin memaksimalkan penjualannya.
Sebab, traffic yang datang ke Shopee Live sudah mempunyai rencana dan niat berbelanja, sementara traffic yang datang di TikTok Live bercampur dengan mereka yang sekedar mencari hiburan dibanding niat berbelanja.
Rupanya Tiktok Live masih harus mengatur strateginya agar dapat unggul dalam tatanan persaingan platform live streaming.
Melalui riset Populix yang bertajuk “Understanding Live Streaming Shopping Ecosystem in Indonesia” pada bulan Juni lalu, menunjukkan 69 persen responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.
Angka ini, melampaui TikTok Live yakni (25 persen). Shopee Live juga menjadi fitur live streaming yang paling diingat oleh masyarakat dengan hasil 60 persen responden, sementara TikTok Live hanya mendapatkan 30 persen.
Selaras dengan data penggunaan live streaming platform, Shopee menunjukan porsi pangsa pasar dari jumlah dan nilai transaksi yang tertinggi.
Pada indikator pangsa pasar jumlah transaksi (share of order), Shopee berhasil mencatatkan pangsa pasar jumlah transaksi tertinggi (56 persen) dalam 6 bulan terakhir, jauh melampaui TikTok Live dengan persentase 30 persen.
Sedangkan pada pangsa pasar nilai transaksi (share of revenue), Shopee menduduki peringkat pertama dalam mencatatkan nilai transaksi terbesar, yaitu 54 persen jauh di atas TikTok Live (31 persen).
Hal ini sejalan dengan persebaran preferensi masyarakat Indonesia saat berbelanja melalui fitur live streaming, dimana salah satunya mencari Live Shopping dengan penawaran paling menarik.
Sebagian besar karakteristik dan gaya berbelanja masih mengacu terhadap pencarian promosi atau penawaran menarik.
Promo-promo yang paling menarik menurut masyarakat adalah gratis ongkir (91 persen), diskon (87 persen), cashback (65 persen), voucher belanja (47 persen), special bundle (34 persen), dan exclusive product launch (20 persen).
Adapun persebaran preferensi terhadap penawaran menarik untuk masing-masing pemain:
Menawarkan produk dengan harga paling murah | Menawarkan paling banyak promosi | Menawarkan diskon paling besar | Menawarkan nominal cashback paling besar | Menawarkan paling banyak gratis ongkir | |
Shopee Live | 63% | 62% | 63% | 69% | 68% |
TikTok Live | 32% | 31% | 31% | 22% | 28% |
Dari data hasil riset di atas, bisa disimpulkan bahwa posisi kuat Shopee Live melampaui TikTok Live dilatarbelakangi oleh kemudahan dan kelengkapan fitur live streaming.
Di samping itu, Shopee unggul dengan harga paling murah, promosi dan gratis ongkir terbanyak, dan menawarkan diskon hingga cashback paling besar.
Terus Mendominasi, Shopee Live Lebih Unggul Ketimbang TikTok Live
Melalui siaran pers mengenai pencapaian kampanye 9.9, Shopee menyatakan bahwa antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan beragam kemeriahan yang dihadirkan.
Hal ini terlihat dari peningkatan Shopee Live ditonton lebih dari 7 kali lipat dan jumlah produk terjual mencapai lebih dari 30 kali lipat pada puncak kampanye dibanding hari biasa.
Respon luar biasa dari penonton live shopping di kampanye ini turut menunjukan bagaimana Shopee Live berperan penting sebagai platform untuk memenuhi kebutuhan.
Sepak terjang yang telah dilakukan oleh deretan nama artis di atas memang tak perlu diragukan lagi kehebatannya dalam menggaet penonton meramaikan sesi Shopee Live di puncak kampanye 9.9 kemarin pada masing-masing akun tokonya.
Sebut saja Ruben Onsu, Sarwendah, dan Aurel Hermansyah, mereka memiliki gaya khas dalam berjualan live shopping, menjadikannya sukses sebagai TOP Streamers pada puncak 9.9 Super Shopping Day.
Melihat keterampilan mereka yang membuat suasana live semakin seru, ketiganya pun sukses catatkan beberapa rekor baru pada puncak kampanye di Shopee Live yaitu:
- Ruben Onsu melalui toko @Ruben_Onsu di Shopee Live mencatatkan rekor baru dengan sukses meraih omset hingga 16 Miliar di puncak kampanye.
- Menariknya lagi, sebanyak 180 ribu penonton secara bersamaan di waktu yang sama mengikuti momen Flash Sale 9RB Mobil Toyota Avanza yang dipandu oleh Sarwendah melalui toko @Sarwendahofficial.
- Selebriti lainnya dengan pencapaian luar biasa adalah Aurel Hermansyah melalui toko @TokoMamaNur yang berhasil menjual lebih dari 16 Ribu produk.
Bukan hanya tiga nama artis besar di atas saja, beberapa bulan terakhir ini juga deretan bintang-bintang ibukota seperti Raffi Ahmad, Baim Wong, Nikita Mirzani, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Lesti Kejora, Keanu Agl juga meramaikan dunia live stream di Shopee Live.
Bahkan berita terakhir sempat dihebohkan dengan kabar dr. Richard Lee yang berhasil memecahkan rekor baru dan menembus omset hingga 5,5 milyar hanya dalam 1,5 jam saja pada 1 September lalu.
Penerapan gaya live shopping yang kreatif dengan berkolaborasi dengan artis atau konten kreator ternama, telah berhasil menarik minat masyarakat dalam memanfaatkan fitur interaktif ini sebagai wadah dalam memenuhi kebutuhan dan tindakan mengikuti tren digital populer.
Bawa Keuntungan Bagi Penjual Lokal
Adanya fitur interaktif seperti live shopping memberikan kesempatan untuk berinteraksi secara proaktif.
Ini juga merupakan kesempatan bagi konsumen untuk mengetahui sebuah produk lebih dalam serta kemudahan akses berbelanja dimana produk dapat langsung dibeli saat siaran berlangsung.
Tidak jarang masyarakat menunggu penjual mengadakan konten live streaming terlebih dahulu sebelum memutuskan pembelian sebuah produk.
Hal ini memiliki pengaruh kuat khususnya dalam membangun tingkat kepercayaan antara penjual dan pembeli.
Maka itu, tidak heran jika pada kampanye 9.9 juga ditemukan semakin banyaknya pelaku usaha yang turut mengoptimalkan Shopee Live di puncak kampanye sebagai strategi pemasarannya.
Tercatat peningkatan jumlah streamer seller hingga 5 kali lipat. Salah satu contoh brand lokal yang menarik perhatian karena sukses mengoptimalkan peluang yang diberikan adalah brand kecantikan BHUMI.
Brand ini berhasil meningkatkan transaksi penjualan di sepanjang kampanye 9.9 mencapai 27 kali lipat berkat fitur interaktif serta promo eksklusif yang tersedia di Shopee Live.
Selain itu, brand fashion pria Geoff Max juga menjadikan Shopee Live sebagai salah satu strategi bisnisnya di tahun ini. Sepanjang kampanye 9.9, Geoff Max berhasil mencatat peningkatan transaksi di Shopee Live hingga 130 kali lipat dibandingkan hari biasa.
Keberhasilan Shopee Live menjadi fitur yang semakin diandalkan sangatlah nyata, dan salah satu faktor utamanya adalah daya tarik live shopping.
Para penjual tidak hanya dapat memasarkan produk mereka melalui fitur ini, tetapi juga memiliki kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan penonton.
Inilah yang menjadikan live shopping menjadi alat yang sangat efektif dalam membangun kepercayaan dan keterlibatan pelanggan.
Beberapa pencapaian lainnya juga turut dirasakan oleh brand fashion lokal Eiger di puncak kampanye Shopee 8.8 lalu, penjualan di tokonya mengalami peningkatan 16 kali lipat melalui Shopee Live.
Tidak berhenti sampai di situ, untuk semakin memaksimalkan sesi live shopping mereka, beberapa brand pun menggaet sejumlah artis papan atas seperti saat sesi Shopee Live Erigo x JKT48 bersama Zee JKT48 dan Raffi Ahmad yang sukses pecahkan rekor penjualan sebesar Rp5 miliar dalam waktu kurang dari 10 menit.
Pencapaian yang serupa juga dirasakan oleh brand lokal Tally yang berkolaborasi dengan Sarwendah dan berhasil mencetak peningkatan omzet hingga 75x lipat di Shopee Live.
Sejumlah keberhasilan ini memperlihatkan bahwa keputusan brand untuk mengadopsi fitur Shopee Live sebagai salah satu strategi pemasaran bisnis merupakan langkah yang tepat.
Pada dasarnya belanja secara online memang sudah bukan hal baru lagi, tetapi berbelanja dengan fitur siaran video secara langsung sepertinya menjadi tren terkini yang semakin melengkapi dan meningkatkan pengalaman berbelanja online.
Kemudahan yang ditawarkan dan dapat melihat kualitas produk secara langsung, membuat platform live streaming kini jadi primadona sebagai wadah jual-beli yang lebih seru.
Pengalaman Shopee yang lebih lama dalam mempelajari kebiasaan belanja masyarakat sekaligus berinovasi guna memberikan peluang dan kolaborasi yang terbaik bagi penjual merupakan faktor yang menjadi kunci keunggulan Shopee Live dibandingkan TikTok Live.