Bisnis parfum lokal terus bertumbuh di tengah-tengah kebutuhan masyarakat atas wewangian berkualitas tetap harganya terjangkau. Jeli melihat peluang ini, Given Susanto dan William Gomarga memutuskan untuk membangun bisnis parfum di Shopee, bernama Heura.
Ditemui di sela acara penghargaan Shopee Super Awards 2023, dua mahasiswa asal Jakarta berusia 21 tahun itu bercerita perjalanan awal membangun jenama Heura.
“Dari dulu saya memang suka pakai parfum, cuma kok parfum-parfum desainer di pasaran terlampau mahal untuk sebagian orang, akhirnya saya dan William putuskan untuk bikin Heura,” kata Given.
Heura mengawali bisnisnya dengan melakukan riset dan uji coba terhadap preferensi wangi masyarakat. Dengan anggaran terbatas, Heura memutuskan untuk membuka penjualan secara online dan mendapati bahwa pasar merespons positif terhadap produk-produk mereka.
Keputusan untuk memulai penjualan di Shopee sebagai platform pertama, didasari pandangan bahwa Shopee mampu memberikan kenyamanan belanja online sekaligus menjadi top of mind e-commerce di Indonesia. Heura menginginkan branding yang lebih eksklusif sehingga Shopee dianggap sebagai platform yang lebih sesuai.
“Kami berusaha untuk membuat Heura berbeda, berbekal strategi pemasaran kuat dan peningkatan kualitas produk. Keberhasilan ini tercermin dari peningkatan penjualan yang signifikan, mencapai puluhan ribu produk terjual setiap bulannya dan pertumbuhan year on year sekitar 150 hingga 200 persen,” ujar Given.
Sebagai pengusaha muda yang sukses, Heura tidak hanya memberikan kontribusi kepada pertumbuhan ekonomi melalui bisnisnya. Jenama ini juga membuka lapangan kerja bagi 35 orang.
Keberhasilan Heura terbilang berhasil memanfaatkan potensi pasar wewangian di Indonesia. Dibarengi dengan kemampuan mereka dalam memanfaatkan fitur-fitur di Shopee, jenama ini mampu meningkatkan penjualan secara signifikan.
Meski baru beroperasi selama satu tahun sejak April 2022, Heura sukses menarik perhatian para pembeli dengan menjual lebih dari ratusan produk di satu bulan pertama sejak didirikan. Bahkan, saat ini angka penjualannya mampu mencapai ribuan produk dalam satu bulan.
Tidak heran, bisnis besutan Given dan William ini berhasil dinobatkan sebagai Super Growing UMKM, dalam helatan Shopee Super Awards 2023.
“Kami tidak menyangka. Yang kami lakukan selama ini cuma fokus mempelajari target market dan belajar bagaimana mengoptimalkan fitur-fitur di Shopee, voucher dan program-program lain yang membantu ngeboost penjualan Heura,” ujar Given.
Shopee Super Awards 2023 sendiri merupakan ajang penghargaan kepada pihak dan figur yang telah berkontribusi bagi perkembangan ekonomi digital bersama teknologi Shopee dalam satu tahun terakhir.
Selain UMKM, sejumlah pihak seperti mitra brand, mitra seller, Partner, serta konten kreator yang masuk ke dalam 33 Kategori penghargaan Shopee Super Awards 2023, turut hadir dan meramaikan acara penghargaan ini.