Memperingati Hari Angkutan Nasional pada 24 April, Gojek meluncurkan dua inovasi terbaru di GoTransit, yaitu ekspansi integrasi GoTransit di Solo - Yogyakarta serta fitur Edit Stasiun.
Presiden Unit Bisnis On-Demand Service GoTo Catherine Hindra Sutjahyo menjelaskan, inovasi terbaru dari GoTransit sebagai produk pertama di dunia yang menggabungkan transportasi umum dengan ride hailing. Produk ini resmi diluncurkan pada September 2023 untuk wilayah Jabodetabek.
“GoTransit ini dengan satu klik bisa beli tiket untuk naik GoRide, Kereta Rel Listrik atau Commuter Line, dan naik GoRide lagi,“ ujarnya melalui keterangan tertulis (30/4). Sebelumnya, pengguna Commuter Line hanya bisa membeli tiket melalui transaksi yang berbeda dari pemesanan GoRide di aplikasi Gojek.
Terdapat tiga fitur terbaru GoTransit. Pertama, fitur GoTransit di Solo-Yogyakarta menjual tiket Commuter Line dan satu paket perjalanan terintegrasi. Pengguna bisa memesan layanan GoRide dan Commuter Line dalam satu transaksi. Fitur ini bisa diakses masyarakat, pelajar, maupun wisatawan.
Kedua, fitur Edit Stasiun memungkinkan pengguna untuk memilih rute perjalanan dengan durasi tercepat, termurah, dan tidak terlalu banyak transit atau berpindah jalur kereta. Ketiga, GoTransit menyediakan kode promo GOSTASIUN dengan diskon sampai dengan 90 persen untuk pengguna.
Sebagai solusi multimoda pertama di dunia yang menggabungkan layanan ride-hailing dan transportasi publik dalam satu transaksi, GoTransit resmi diperkenalkan pada September 2023 untuk wilayah Jabodetabek.
Dengan menghadirkan solusi mobilitas terintegrasi, GoTransit berkontribusi meningkatkan penggunaan transportasi umum, khususnya di area perkantoran, sekolah dan kampus, hingga destinasi pariwisata di akhir pekan.
Penelitian Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada pada 2023 mengungkapkan bahwa pengguna GoTransit dapat menghemat waktu tempuh perjalanan sebesar 15 persen, serta menghemat biaya hingga 27 persen dibandingkan dengan pola perjalanan sebelumnya.
Penelitian tersebut juga menunjukkan, minat pengguna Gojek untuk naik transportasi publik meningkat 38 persen berkat GoTransit. Saat ini, GoTransit sukses menjadi kanal digital yang paling banyak yang menjual tiket Commuter Line serta meningkatkan penggunaan tiket digital hingga 300 persen.