Direksi Taspen Tinjau Langsung Pelayanan di Kantor Cabang

Taspen
Hari Pelanggan Nasional 2024
5/9/2024, 18.54 WIB

Dalam rangka Hari Pelanggan Nasional 2024, jajaran Direksi TASPEN melakukan tinjauan langsung terhadap layanan di lima kantor cabang TASPEN, yaitu Kantor Cabang Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Depok.

Kegiatan ini diisi dengan dialog interaktif bersama peserta untuk mendengar pengalaman dan mendapatkan masukan dari para peserta dalam upaya memetakan perbaikan layanan.

Harapannya, peserta dapat merasakan kehadiran dan kepedulian pimpinan TASPEN terhadap kualitas layanan yang ada.

Plt. Direktur Utama TASPEN Rony Hanityo Aprianto beserta Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Diyantini Soesilowati melakukan peninjauan di Kantor Cabang Bekasi. Sementara Direktur Operasional TASPEN Ariyandi di Kantor Cabang Jakarta II yang berlokasi di Jakarta Pusat

Adapun, Direktur Keuangan TASPEN Rena Latsmi Puri di Kantor Cabang Tangerang, Direktur SDM dan TI Ovita Susiana Rosya di Kantor Cabang Depok, dan Direktur Perencanaan dan Aktuaria Feb Sumandar di Kantor Cabang Jakarta I yang berlokasi di Jakarta Selatan, Rabu (4/9).

Kegiatan peninjauan juga dihadiri Perwakilan TASPEN Grup sebagai upaya untuk meningkatkan semangat pelayanan dan kedekatan dengan para peserta TASPEN.

Corporate Secretary TASPEN Henra mengatakan sebagai BUMN yang melayani Pensiunan ASN dan Pejabat Negara, TASPEN dalam Hari Pelanggan Nasional 2024 menunjukkan kepedulian kepada peserta sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi mereka.

"Ini menjadi momen penting bagi kami untuk menegaskan ketulusan TASPEN dalam mendengarkan dan memenuhi kebutuhan peserta," kata Henra, dalam keterangan resmi, Kamis (5/9).

Sri Sugiarni, salah satu peserta pensiun dari Kantor Cabang TASPEN Tangerang mengaku sangat senang terhadap kemajuan yang telah dilakukan TASPEN dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

"Inovasi yang diterapkan, seperti sistem digital terbaru dan peningkatan aksesibilitas layanan, mempermudah kami dalam mengakses informasi dan kebutuhan terkait pensiun. Hal ini secara signifikan telah memperbaiki pengalaman kami dalam berinteraksi dengan TASPEN," terangnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, TASPEN telah melakukan beragam inovasi digital dalam proses pelayanan untuk memastikan kebutuhan peserta terpenuhi, antara lain melalui Taspen One Hour Online Services (TOOS).

Ini merupakan layanan satu pintu untuk pengajuan klaim secara daring agar peserta dapat mengakses layanan TASPEN dari mana saja dan kapan saja dengan waktu maksimal pemprosesan selama satu jam setelah dokumen klaim dinyatakan lengkap.

Selain itu, ada pula inovasi berupa Aplikasi TASPEN Otentikasi yang merupakan layanan validasi identitas peserta secara daring dengan menggunakan gawai pribadi peserta.

Per Agustus 2024, TASPEN memiliki 6,7 juta peserta, dengan rincian sebanyak 3,5 juta di antaranya merupakan peserta pensiun dan 3,2 juta lainnya merupakan peserta aktif.

TASPEN juga telah menyelesaikan 605.936 klaim peserta untuk seluruh produk jaminan TASPEN pada periode Januari hingga Agustus 2024 secara tepat dengan komitmen 5T yaitu Tepat Administrasi, Tepat Orang, Tepat Waktu, Tepat Jumlah, dan Tepat Tempat.

Adapun klaim terbesar pada produk Program Pensiun sebanyak 363.294 klaim dan produk Tabungan Hari Tua (THT) sebanyak 223.586 klaim. Sementara itu, untuk program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) sebanyak 19.056 klaim.