Cara Main Crypto yang Legal dan Menguntungkan

Cara main crypto dimulai dengan membuka rekening di Pedagang Komoditi Aset Kripto. Setelah akun dibuat, pelanggan dapat melakukan transaksi crypto yang diawasi Bappebti.
Unsplash/Executium
Ilustrasi cara main crypto
Editor: Intan
12/11/2021, 17.45 WIB

Cryptocurrency adalah mata uang digital untuk transaksi secara daring melalui jaringan yang terdiri dari rantai komputer. Fungsinya adalah untuk menyetujui pertukaran mata uang kripto dan mencegah duplikasi transaksi yang sama.

Cara kerja crypto menggunakan blockchain sebagai media transaksi. Menurut buku Cryptocurrency Trading Guide oleh George Protonotarios, blockchain adalah teknologi desentralisasi open-source. Fungsinya adalah memverifikasi dan mencatat semua transaksi melalui penggunaan public ledger.

Setelah menyelesaikan sejumlah transaksi tertentu, blockchain menghasilkan blok baru. Setiap proses blockchain dieksekusi menggunakan jaringan komputer yang berjumlah jutaan. Saat semua setuju, suatu blok menjadi tautan permanen dalam blockchain.

Penggunaan mata uang kripto memerlukan dompet cryptocurrency atau crypto wallet. Dompet ini dapat berupa perangkat lunak dengan layanan berbasis cloud atau disimpan di komputer atau smartphone. Crypto wallet berfungsi untuk menyimpan kunci enkripsi dalam mengonfirmasi identitas pengguna dan menautkan ke mata uang kripto.

Tren mata uang kripto kini semakin populer. Mengutip publikasi Fortune, pasar cryptocurrency melonjak ke level tertinggi sepanjang masa dan mencapai kapitalisasi pasar sebesar US$ 3 triliun pada 9 November 2021. Bitcoin, Ethereum, dan Ethereum 2 menduduki tiga peringkat teratas dengan kapitalisasi pasar terbesar.

Advertising
Advertising

Cara Main Crypto

Bermain crypto artinya melakukan transaksi mata uang crypto untuk investasi sesuai aturan yang berlaku. Menurut Surat Menko Perekonomian Nomor S-302/M.EKON/09/2018, aset crypto tetap dilarang sebagai alat pembayaran.

Namun, mata uang kripto dapat digunakan sebagai instrumen investasi untuk dimasukan sebagai komoditas yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka. Perdagangan crypto di Indonesia disetujui dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Simak cara main crypto untuk investasi secara legal berikut ini:

  1. Calon pelanggan membuka rekening pada Pedagang Komoditi Aset Kripto.
  2. Setelah lulus serangkaian prosedur Know Your Customer (KYC), calon pelanggan dapat disetujui menjadi investor, sehingga memiliki akun untuk bertransaksi.
  3. Pelanggan melakukan transaksi melalui Pedagang Komoditi Aset Kripto (exchanger).
  4. Gunakan crypto wallet untuk menyimpan kunci enkripsi, yang berfungsi untuk mengonfirmasi identitas pengguna dan menautkan ke mata uang kripto.
  5. Pilih jenis mata uang kripto untuk investasi.
  6. Susun strategi sesuai preferensi agar mendapatkan keuntungan.
  7. Lakukan pembayaran sesuai metode yang diinginkan.
  8. Seluruh data transaksi dari Pedagang Komoditi Aset Kripto, Lembaga Kliring Berjangka dan Pengelola Tempat Penyimpanan kepada Bursa Berjangka akan dilaporkan sebagai referensi harga dan pengawasan pasar.

Daftar Pedagang Aset Kripto yang Terdaftar di Bappebti

Berikut daftar Pedagang Aset Kripto yang terdaftar di Bappebti yang dapat dipilih untuk investasi dan transaksi.

  • PT Indodax Nasional Indonesia (INDODAX).
  • PT Crypto Indonesia Berkat (TOKOCRYPTO).
  • PT Zipmex Exchange Indonesia (ZIPMEX).
  • PT Indonesia Digital Exchange (IDEX).
  • PT Pintu Kemana Saja (PINTU).
  • PT Luno Indonesia LTD(LUNO).
  • PT Cipta Koin Digital (KOINKU).
  • PT Tiga Inti Utama (TRIV).
  • PT Upbit Exchange Indonesia (UPBIT ).
  • PT Rekeningku Dotcom Indonesia (REKENINGKU.COM).
  • PT Triniti Investama Berkat (BITOCTO).
  • PT Plutonext Digital Aset (PLUTONEXT).
  • PT Bursa Cripto Prima.

Cara Mendapatkan Crypto

Merangkum dari buku Dasar Investasi dan Trading Cryptocurrency, terdapat tiga cara untuk mendapatkan mata uang crypto yang menguntungkan sebagai berikut:

Mining

Mining diartikan sebagai penambangan, yaitu mendapatkan mata uang kripto dengan menambang. Cara melakukan penambangan adalah dengan perangkat komputer. Sebuah komputer yang melakukan mining disebut crypto miner.

Mining crypto berhubungan dengan blockchain. Prosesnya dimulai dengan verifikasi transaksi dalam blockchain. Setelah diverifikasi, transaksi akan dimasukkan ke rantai blok untuk mendapatkan crypto.

Manfaat dari cara mining adalah orang yang berhasil menjadi penambang tidak perlu mengetahui cara menghitung dan ilmu matematika. Tetapi, pengguna cara mining harus mempunya perangkat lunak dan keras dengan spek tinggi untuk menambang crypto

Farming

Cara farming bertujuan untuk mengambil rewards atau hadiah dengan kepemilikan aset kripto. Setelah mendapatkan aset tersebut, maka Anda dapat menghasilkan crypto lainnya. Cara kerja farming berhubungan dengan Liquidity Providers (LPs) atau penyedia likuiditas.

LPs berperan untuk menyediakan koin yang berpasangan dengan koin lainnya dan digunakan sebagai likuiditas dalam suatu pertukaran (exchange). Misalnya, Anda memiliki ETH dan menyandingkannya dengan USDT untuk mendapatkan LP ETH-USDT.

Ketika ada seorang trader melakukan transaksi ETh-USDT, Anda akan mendapatkan reward atau hadiah dari gas fee yang dikeluarkan trader tersebut.

Besar hadiah yang didapatkan adalah sesuai besar persentase kontribusi pada likuiditas tersebut. Misalnya, jika seseorang memiliki 1% dari total likuiditas yang ada, maka hadiah yang didapat adalah 1% dari total gas fee. Metode ini semakin bernilai jika perhitungan dilakukan mingguan atau harian.

Staking

Staking crypto adalah metode yang berpusat pada perdagangan aset kripto. Cara kerjanya adalah menyimpan aset pada wallet yang memiliki layanan staking. Aset investor disimpan dalam blockchain dengan konsensus algoritma Proof-of-Stake (PoS) dalam jangka waktu tertentu.

Keuntungan yang diperoleh tergantung pada harga, jumlah, dan aktivitas aset kripto yang dikunci. Durasi penguncian juga berpengaruh pada keuntungan. Metode ini cocok digunakan untuk para investor yang bertujuan mendapatkan pendapatan pasif dari mata uang kripto.

Meski demikian, riset mendalam untuk memilih platform harus dilakukan sebelum memilih metode staking. Kepercayaan tersebut penting karena investor akan mengunci aset kripto yang dimiliki selama jangka waktu tertentu. Selama itu, pengembang tidak bisa menjual koin.

Itulah cara main crypto yang legal serta cara untuk mendapatkan keuntungan.