Cara Mengatasi Laptop Ngefreeze dengan Mudah, Kenali juga Penyebabnya

Pexels
Cara Mengatasi Laptop Ngefreeze dengan Mudah
Penulis: Anggi Mardiana
Editor: Safrezi
25/9/2024, 14.03 WIB

Cara mengatasi laptop ngefreeze dengan mudah, penting diketahui agar perangkat kembali bekerja secara optimal. Laptop merupakan gadget yang dimiliki oleh hampir semua orang. Penggunaan laptop bermanfaat untuk membantu kegiatan sehari-hari. Baik mengerjakan tugas, bekerja, atau bermain game.

Terkadang laptop mengalami freeze dalam keadaan layar menyala, dan tidak dapat digerakan sama sekali. Laptop yang mengalami freeze ditandai dengan kondisi layar laptop hidup, tetapi tidak dapat digerakkan sama sekali.

Penyebab Laptop Ngefreeze

Laptop ngefreeze dapat disebabkan oleh beragam hal, berikut penyebab laptop ngefreeze:

1. Spesifikasi laptop rendah, tetapi pemakaian yang digunakan melebihi kapasitas laptop.
2. Overheating karena pemakaian laptop terlalu lama, sehingga mesin mengalami panas di luar batas wajar.
3. Terkena malware atau virus.
4. Membuka banyak program, sehingga RAM dan CPU laptop bekerja lebih ekstra.

Cara Mengatasi Laptop Nge-freeze dengan Mudah

Cara Mengatasi Laptop Ngefreeze (Pexels)

Ketika laptop mengalami freeze tidak perlu panik, atau emosi, karena ada beberapa cara mudah untuk mengatasinya. Berikut cara mengatasi laptop ngefreeze dengan mudah:

1. Hentikan Program Melalui Task Manager

Mengatasi laptop ngefreeze bisa dengan menghentikan program melalui task manager. Cara ini dapat dilakukan untuk memberikan keringanan pada RAM laptop. Silakan klik tombol CTRL+ALT+DEL secara bersamaan, lalu pilih task manager. Periksa identifikasi program yang dianggap terlalu berat, lalu tekan “End Task”.

2. Tunggu Beberapa Saat

Cara mengatasi laptop ngefreeze dengan mudah berikutnya, menunggunya beberapa saat. Terkadang menunggu beberapa saat, laptop dapat kembali normal seperti semula. Laptop hang dapat terjadi karena Ram terlalu terbebani, sehingga memerlukan beberapa waktu untuk menghapus perintah. Mengurangi banyak program dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah hal ini terjadi.

3. Reset Kartu Grafis

Terkadang kartu grafis menjadi salah satu penyebab laptop hang. Dalam kasus ini, Anda perlu menekan tombol Windows + CTRL + SHIFT + B. Setelah menekan kombinasi tombol ini, layar laptop akan berkedip, lalu kembali normal seperti semula.

4. Lakukan Restart dengan Kombinasi Tombol Keyboard

Kombinasi tombol yang diperlukan yaitu CTRL + F4, ditekan bersamaan. Saat menekan tombol ini, pilihan restart akan muncul di layar laptop, sehingga Anda hanya tinggal menunggu proses saja.

5. Restart Paksa

Restart paksa dapat menjadi cara mengatasi laptop ngefreeze dengan mudah. Cara ini digunakan saat laptop mengalami hang total, sehingga keyboard tidak dapat berfungsi kembali. Cukup tekan tombol power selama beberapa detik untuk melakukan cara ini.

6. Periksa RAM

Apabila laptop masih mengalami freeze, kemungkinan ada masalah pada modul RAM. Silakan periksa apakah modul RAM terpasang dengan benar, atau bisa coba ganti dengan modul RAM yang berfungsi dengan baik.

7. Membatasi Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Aplikasi yang terlalu banyak berjalan di latar belakang dapat membebani sumber daya sistem dan menyebabkan pembekuan. Coba tutup dan hentikan aplikasi yang tidak diperlukan untuk meningkatkan kinerja.

8. Scan dan Hapus Virus atau Malware

Gunakan perangkat lunak antivirus yang terpercaya untuk memindai, dan membersihkan laptop dari virus atau malware yang dapat mempengaruhi kinerja sistem.

Demikian beberapa cara mengatasi laptop ngefreeze dengan mudah yang dapat Anda coba. Jika cara ini belum bisa menyelesaikan masalah, Anda dapat membawa laptop ke tempat servis untuk diperbaiki dan diperiksa secara total.