BPJS Ketenagakerjaan adalah jaminan perlindungan sosial untuk para pekerja di Indonesia yang kepesertaan bersifat wajib bagi setiap orang. Dikutip dari laman Bpjsketenagakerjaan.go.id, setiap pekerja yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan akan mendapatkan kartu sebagai bukti kepesertaan.
Pada kartu BPJS Ketenagakerjaan tercantum identitas pekerja yang mencakup nama, nomor induk kependudukan (NIK), dan nomor kepesertaan.
Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP
Nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan menjadi penting untuk keperluan pembayaran iuran, pengecekan saldo, serta informasi lain seputar BPJS Ketenagakerjaan. Lalu bagaimana jika kartu tersebut hilang atau rusak?
Peserta dapat menggunakan kartu digital BPJS Ketenagakerjaan. Cara cek BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP juga dapat dilakukan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
Berikut ragam cara cek BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP:
1. Cek BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP via Website
Pertama, cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP dapat dilakukan melalui laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Berikut langkah-langkahnya:
- Akses laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
- Masukkan alamat email dan password yang telah terdaftar di sso.bpjs.ketenagakerjaan.go.id.
- Jika Anda belum memiliki akun di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id, maka bisa pilih "Buat Akun Baru"
- Lalu centang "Saya bukan robot"
- Klik Login
- Setelah masuk ke dashboard BPJS Ketenagakerjaan, klik "Kartu Digital"
- Kartu digital BPJS Ketenagakerjaan Anda akan muncul
Pada kartu digital BPJS Ketenagakerjaan tersebut tertera nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda.
2. Cek BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP di Kantor Cabang
Cara ini kerap menjadi pilihan bagi pengguna yang ingin mengetahui informasi dan mengurus kartu BPJS Ketenagakerjaan. Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan:
- Siapkan fotokopi kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP) untuk dibawa ke kantor cabang.
- Kunjungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan.
- Ambil nomor antrean untuk menuju ke customer service BPJS.
- Setelah nomor antrean dipanggil, sampaikan ke petugas bahwa kamu ingin mengecek nomor BPJS Ketenagakerjaan.
- Sebutkan NIK yang tertera di KTP.
- Serahkan fotokopi KK dan KTP apabila diminta petugas.
- Tunggu beberapa saat hingga petugas menginformasikan nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda.
3. Cek BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP Via Call Center
Selain melalui kantor cabang, cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP juga bisa Anda lakukan melalui layanan call center. Anda hanya perlu menyiapkan pulsa untuk menghubungi petugas call center.
Melansir dari laman resmi BPJS Ketenagakerjaan, berikut langkah-langkah yang bisa Anda terapkan untuk memeriksa nomor BPJSTK secara langsung:
- Buka menu panggilan yang ada di ponsel.
- Ketik nomor call center BPJS Ketenagakerjaan, yaitu 175.
- Klik ikon bergambar telepon untuk melakukan panggilan.
- Setelah itu, Anda akan terhubung dengan call center BPJS Ketenagakerjaan.
- Sampaikan maksud dan tujuan ke petugas call center.
- Biasanya petugas akan menanyakan NIK dan nomor KK untuk melakukan verifikasi data BPJS Ketenagakerjaan.
- Tunggu beberapa saat hingga petugas menyebutkan nomor BPJS Ketenagakerjaan Anda.
Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP
Salah satu cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan menggunakan nomor KTP. Cara ini bisa digunakan melalui layanan pesan singkat atau SMS, sehingga dianggap dapat memudahkan setiap peserta BPJS yang ingin memeriksa saldonya.
Cara ini sebenarnya adalah cara lain di luar penggunaan situs resmi dan aplikasi. Penggunaan SMS dapat dilakukan melalui semua perangkat telepon seluler, sehingga akan menjadi cara lebih merata dan general.
Berikut cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP
1. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP via SMS
- Kirim SMS ke nomor 2757 dengan format:
Daftar(spasi)SALDO#NomorKTP#Tanggal Lahir dengan format DD-MM-YYYY#Nomor Peserta#Email.
- BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan informasi peserta sudah terdaftar atau belum, jika sudah, kirimkan lagi ke nomor yang sama dengan format:
SALDO(spasi)Nomor Peserta
- BPJS Ketenagakerjaan akan menginformasikan saldo JHT yang dimiliki oleh peserta
2. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP via Situs Resmi
- Kunjungi situs www.bpjsketenagakerjaan.go.id di HP atau laptop Anda
- Login dengan email dan password yang dimiliki, jika belum memiliki akun Anda bisa terlebih dahulu membuat akun dengan mengikuti instruksi yang ada
- Setelah masuk ke akun Anda, klik opsi Cek Saldo JHT
- Saldo JHT akan langsung ditampilkan dalam waktu singkat
Cara ini juga tak kalah mudah dengan cara sebelumnya, namun syaratnya Anda harus memiliki perangkat yang dapat mengakses situs resmi dari BPJS Ketenagakerjaan, baik berupa smartphone atau berupa komputer.
3. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP via Aplikasi JMO
Anda hanya perlu mengunduh aplikasinya saja dan mendaftarkan diri pada aplikasi tersebut. Setelah memiliki akun, maka pengecekan saldo akan berjalan sangat mudah tanpa harus banyak melewati cara atau memakan banyak waktu
- Buka aplikasi JMO di perangkat yang Anda miliki
- Klik menu Jaminan Hari Tua
- Klik menu Cek Saldo
- Pilih nomor Kartu Peserta Jamsostek yang ingin ditampilkan saldonya
- Dalam waktu singkat saldo JHT akan ditampilan