8 Cara Menghilangkan Bau Kaki yang Efektif dan Mudah Dilakukan

Pexels
Ilustrasi, cara menghilangkan bau kaki.
Editor: Agung
12/6/2023, 16.03 WIB

Masalah bau kaki menyebabkan rasa tidak nyaman dan percaya diri. Sama seperti ketiak, kaki adalah anggota tubuh yang memiliki kelenjar keringat terbanyak. Kelenjar mengeluarkan keringat sepanjang hari untuk menjaga kulit lembab dan mengatur suhu tubuh.

Bau juga disebabkan bakteri yang menumpuk di kaki. Kelenjar keringat berlebih di kaki membuat kuman menghasilkan aroma tidak sedap. Bau kaki muncul ketika orang mengenakan sepatu dan kaos kaki seharian. Bahkan beberapa orang jarang mencuci kaki, sepatu, dan kaos kaki.

Anda perlu menjaga kebersihan kaki dari bau dan kuman. Cara menghilangkan bau kaki yaitu rutin mencuci kaki, sepatu, dan mengganti kaos kaki. Gunakan kaos kaki berbeda jika sudah dipakai seharian. Anda bisa membersihkan kaki menggunakan sabun dan air bersih.

Berikut ini ulasan mengenai penyebab, dan cara menghilangkan bau kaki yang efektif dan mudah dilakukan.

Penyebab Bau Kaki

Penyebab Kaki Pecah-Pecah (Pexels)

Udara lembab, kaos kaki kotor, dan sepatu basah membuat kaki berbau. Selain sepatu dan kaos kaki yang tidak diganti, ada pula faktor lain yang membuat seseorang mengalami bau kaki. Berikut penyebab umum bau kaki.

1. Infeksi Jamur di Kaki (kurap)

Keringat berlebih di kaki disebabkan oleh infeksi jamur. Kaki lembab menyebabkan jamur tumbuh di area sekitar kaki, hingga timbul infeksi. Umumnya kaki atlet (Tinea Pedis) dan jamur kuku (Onikomikosis) jadi penyebab bau kaki.

2. Perubahan Hormon

Remaja dan ibu hamil memproduksi keringat berlebih di area kaki. Salah satu penyebabnya karena perubahan hormon dalam tubuh. Keringat berlebih rentan mengalami bau kaki.

3. Kutu Air

Kutu air bisa menyebabkan infeksi di area sekitar kaki. Umumnya seseorang merasa gatal di bagian kulit kaki. Ketika digaruk muncul ruam merah di area sekitar kaki. Kulit menjadi pecah-pecah serta rentan mengalami bau kaki.

4. Stress

Penyebab bau kaki selanjutnya karena stress. Ketika hormon kortisol dilepaskan, akan memicu kelenjar keringat. Pelepasan hormon kortisol ini membuat bau tidak sedap di area tubuh. Beberapa orang yang berkeringat berlebih di area tangan dan kaki bisa disebabkan karena stress dan cemas.

5. Hiperhidrosis

Hiperhidrosis adalah keadaan seseorang berkeringat berlebihan. Keringat berlebih ini tidak berhubungan dengan aktivitas fisik. Penderita hiperhidrosis menyebabkan kaki basah dan lembab karena keringat.

Ragam Cara Menghilangkan Bau Kaki

Cara Memutihkan Mata Kaki (Pexels)

1. Rutin Membersihkan Kaki

Menjaga kebersihan kaki dapat menghilangkan bau. Anda bisa memakai lulur mandi atau scrub untuk membersihkan sel-sel kulit mati di telapak dan kulit kaki. Pastikan kuku kaki juga bersih dan rutin dipotong. Bersihkan sela-sela jari kaki menggunakan sabun untuk mengangkat sel-sel mati. Lakukan pembersihan kaki ini secara rutin sehabis mandi.

2. Pakai Kaos Kaki Menyerap Keringat

Cara menghilangkan bau kaki yaitu memakai kaos kaki dari katun atau wol. Kedua bahan ini menyerap keringat dengan baik. Anda bisa mengganti kaos kaki yang dipakai setiap hari. Selain itu rutin bersihkan dan mengganti pemakaian sepatu.

3. Gunakan Produk Penghilang Bau Kaki

Selain lulur, scrub, dan sabun gunakan produk penghilang bau kaki. Contohnya deodoran, semprotan disinfektan, sabun khusus antibakteri, hingga bedak. Anda bisa menghindari penggunaan sepatu yang terlalu ketat untuk menjaga sirkulasi udara di sekitar kaki.

4. Pakai Kantong Teh Bekas

Kantong teh bekas rebusan bisa dipakai untuk membersihkan bau kaki. Caranya mudah, pakai dua kantung teh hitam yang sudah direbus air kurang lebih 15 menit. Setelah panas, tuangkan dalam wadah besar lalu tambahkan dua liter air dingin. Rendam kaki kurang lebih 30 menit di air teh kantong. Manfaat kantong teh bekas untuk mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi keringat di kaki.

5. Rendam Air Cuka

Pakai air rendaman cuka untuk menghilangkan bau kaki. Perbandingannya 1:2 dimana jumlah air lebih banyak. Kemudian rendam kaki selama 30 menit dalam wadah. Lakukan rendam air cuki satu kali seminggu untuk mengurangi bau kaki.

6. Pakai Sandal

Ketika waktu luang, anda bisa menggunakan sandal sebagai pengganti sepatu. Gunakan sandal untuk menjaga sirkulasi udara di kaki. Pakai sandal yang nyaman untuk jalan kaki atau bersantai.

7. Cuci Sepatu

Langkah ketujuh cegah bau kaki dengan mencuci sepatu. Gunakan baking soda untuk menyerap bau kaos kaki. Caranya masukkan baking soda dalam lubang sepatu, lalu biarkan selama 6 jam. Bubuk baking soda ini bisa membersihkan bau apek di sepatu.

8. Gunakan Air Garam

Anda bisa merendam kaki di air garam yang hangat. Gunakan air hangat yang diberi 1 sendok garam laut. Kemudian rendam kaki selama 20 menit untuk membersihkan bau. Lakukan rutin setiap hari selama dua minggu untuk membersihkan kaki bau.