9 Cara Mengusir Tokek dengan Mudah

Pexels
Ilustrasi, tokek.
Editor: Agung
12/7/2023, 10.15 WIB

Tokek adalah hewan yang mirip dengan cicak dan kerap berkeliaran di rumah. Namun keberadaannya terkadang mengganggu sehingga perlu dibasmi. Berkaitan dengan itu, menarik membahas cara mengusir tokek yang ampuh dengan menggunakan bahan alami maupun produk buatan.

Cara mengusir tokek pada umumnya hanya memerlukan langkah yang mudah. Pasalnya, bahan-bahan yang diperlukan juga sangat terjangkau.

Keberadaan tokek tidak hanya mengganggu tetapi juga menyeramkan jika menggigit manusia. Agar mampu mengusir tokek secara maksimal dan membuatnya tak kembali lagi, simak uraian berikut.

Cara Mengusir Tokek dengan Mudah

Cara Mengusir Tokek (Pexels)

Umumnya tokek muncul karena mencari makanan dan tempat tinggal. Motif ini sama dengan kebanyakan hewan lain seperti tikus, lalat, dan semut yang datang ke rumah. Pengetahuan akan hal ini diperlukan agar dapat membasmi tokek dengan tepat.

1. Meletakkan Bawang Merah dan Bawang Putih di Sudut Ruangan

Cara mengusir tokek yang pertama yakni dengan menggunakan bawang merah dan putih. Cukup iriskan bawang merah dan bawang putih dan letakkan di sudut ruangan.

Tokek tidak menyukai bau menyengat dari bawang merah dan bawang putih. Oleh sebab itu, ketika ia menciumnya, maka tokek akan pergi dari tempat tersebut.

2. Menghaluskan Cangkang Telur

Cangkang telur tidak disukai oleh tokek karena baunya yang amis. Oleh sebab itu cangkang telur dapat dimanfaatkan untuk mengusir tokek.

Cara mengusir tokek dengan cangkang telur yakni hancurkan cangkang tersebut. Kemudian, masukkan cangkang ke plastik yang telah dilubangi dan letakkan di sudut ruangan. Tokek yang tidak menyukainya pun akan pergi dari lokasi itu.

3. Ampas Kopi

Cara mengusir tokek yang berikutnya adalah dengan ampas kopi. Ampas kopi tidak disukai oleh tokek, sehingga cara ini merupakan cara yang efektif.

Untuk menggunakan ampas kopi sebagai pengusir tokek, cukup letakan bubuk kopi di piring kecil. Letakkan piring itu di daerah yang kerap dilewati oleh tokek. Cara lainnya yakni letakkan biji kopi yang telah dimasukkan ke kain. Kemudian letakan ikatan itu di jalur yang dilewati tokek.

Cara Mengusir Tokek (Pexels)

4. Sebarkan Serbuk Tembakau

Cara mengusir tokek yang tak kalaf efektif yakni dengan serbuk tembakau. Caranya cukup sebarkan serbuk tersebut ke tempat-tempat adanya tokek.

Tokek sangat takut dengan tembakau, baunya akan membuat tokek terganggu. Tokek pun akan menghindari lokasi itu dan mencari tempat lain.

5. Sebarkan Lada

Lada adalah bahan dapur yang tidak disukai oleh tokek. Lada dapat membuat tokek merasa terganggu dengan aromanya.

Untuk menggunakannya, sebarkan lada ke daerah yang dihinggapi tokek. Cara lainnya yakni masukkan lada ke dalam plastik dan lubangi plastik tersebut.

6. Daun Pepaya

Daun pepaya merupakan daun yang dihindari oleh tokek. Aroma daun pepaya sangat mengganggu penciuman tokek.

Untuk menggunakan daun pepaya sebagai cara mengusir tokek, cukup tempelkan daun itu di dekat dinding. Opsi lainnya yakni haluskan dan letakkan di piring kecil. Kemudian, letakkan piring tersebut di daerah yang dilalui tokek. Tokek pun akan pergi karena tidak nyaman dengan bau daun pepaya.

7. Semprotan Nyamuk

Cara mengusir tokek dengan produk modern yang efektif adalah dengan semprotan nyamuk. Semprotan nyamuk membuat tokek tidak nyaman karena baunya dan dapat membuat tokek mati.

Jika ingin mengusirnya saja, maka semprotkan beberapa kali ke daerah yang dihinggapi tokek. Tokek pun akan pergi dari daerah tersebut.

Lakukan penyemprotan selama beberapa saat dengan pengulangan. Tokek maupun hewan lain seperti kecoa dan nyamuk pun tidak akan datang ke tempat itu.

Cara Mengusir Tokek (Pexels)

8. Sebarkan Kapur Barus

Kapur barus juga merupakan bahan yang dapat digunakan untuk mengusir tokek. Tak hanya tokek, bahkan kapur barus juga mampu mengusir kecoa, semut, cicak, dan lain-lain.

Untuk menggunakannya sebagai cara mengusir tokek, cukup letakkan beberapa biji kapur barus di sudut ruangan. Letakkan pula di bagian bawah perabotan supaya tidak dihinggapi hewan-hewan lainnya.

Selain membuat rumah terhindar dari cicak, lalat, semut, kecoa, dan tokek, kapur barus juga mampu membuat ruangan menjadi tidak lembab. Efeknya, ruangan pun menjadi lebih sehat karena tidak berjamur.

Tokek dan hewan-hewan lain yang menemukan kapur barus pun akan pergi. Pasalnya, bau kapur barus sangat menusuk bagi tokek.

9. Sebarkan Serbuk Cabai

Cara mengusir tokek yang berikutnya adalah dengan menyebarkan serbuk cabai. Serbuk cabai mampu membuat tokek merasa tidak nyaman.

Serbuk cabai memiliki aroma yang menyengat bagi tokek maupun hewan lain seperti semut, kecoa, dan tikus. Oleh sebab itu, pemakaian serbuk cabai menjadi cara yang efektif. Cukup taburkan bubuk itu di sekitar jalur yang dilewati tokek. Lakukan berulang kali sehingga tokek pun pergi dari tempat itu.

10. Memelihara Kucing

Kucing adalah hewan pemburu yang baik dan bermanfaat. Kucing tak hanya mencegah datangnya tokek, tetapi juga cicak, tikus, dan kecoa.