8 Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Dicoba Wisatawan saat Berkunjung

Unsplash
Makanan Khas Kalimantan
Penulis: Anggi Mardiana
Editor: Safrezi
17/9/2024, 17.37 WIB

Ada banyak makanan khas Kalimantan yang memiliki cita rasa lezat, dan wajib dicoba. Biasanya makanan khas Kalimantan ini, memiliki cita rasa pedas, asam, dan gurih.

Sebagian besar makanan dari Kalimantan identik dengan sayuran, makanan laut, dan makanan dengan bahan dasar santan.

Bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Kalimantan, jangan lupa mencicipi makanan tradisionalnya yang lezat. Salah satunya makanan khas terkenal dari Kalimantan Selatan, yaitu soto banjar.

8 Makanan Khas Kalimantan yang Wajib Dicoba

Ada banyak makanan khas Kalimantan yang wajib dicoba, berikut di antaranya:

1. Ayam Cincane

Kalimantan Timur memiliki makanan olahan ayam yang khas, dan memiliki cita rasa tinggi. Ayam ini terbuat dari aneka macam rempah, seperti lengkuas, asam jawa, bawang merah, serai, daun salam, dan lainnya yang telah dihaluskan lalu ditumis.

Setelah itu, lumuri ayam dan marinasi terlebih dahulu. Ayam yang telah dilumuri oleh bumbu, ungkep terlebih dahulu hingga empuk. Setelah ayamnya matang, Anda hanya perlu membakarnya lalu menyantapnya menggunakan nasi hangat.

2. Nasi Bekepor

Nasi Bekepor (Cookpad.com)

Nasi bekepor merupakan makanan khas Kalimantan Selatan yang kini jadi Ibu Kota Nusantara. Nasi bekepor tidak jauh berbeda dari nasi uduk dan nasi liwet. Hanya saja, hidangan ini dilengkapi dengan ikan asin, kemangi, minyak sayur, dan cabai sehingga rasanya lebih gurih. Agar semakin enak, Anda dapat menyantap nasi bekepor dengan sambal raja khas Kutai yang pedas, dan ayam cincane.

3. Sate Payau

Berbeda dengan sate yang terbuat dari daging ayam atau daging kambing, sate payau memanfaatkan daging rusa. Memiliki tekstur daging yang unik dapat membuat Anda penasaran, dan ingin segera mencobanya. Sate payau disajikan menggunakan campuran saus kecap, dan cabai. Dengan begitu, sensasi rasa yang ditimbulkan manis, gurih, dan pedas.

4. Pisang Gapit

Pisang Gapit merupakan makanan asal Kalimantan yang sebaiknya tidak boleh dilewatkan. Sesuai namanya, pisang gapit diolah dengan cara dijepit lalu dibakar hingga setengah matang.

Ketika pisang gapit disajikan, Anda dapat menyiramkan saus manis kental yang terbuat dari campuran gula merah, pandan, dan santan. Pisang gapit akan semakin enak jika disantap sambil minum teh.

5. Gence Ruan

Gence Ruan merupakan makanan khas Kalimantan Timur dari olahan ikan gabus. Alih-alih digoreng atau direbus, ikan dibakar langsung di atas bara api. Setelah dibakar, ikan gabus disiram menggunakan bumbu khas dari Kalimantan yang terbuat dari campuran cabai, dan rempah-rempah pilihan, sehingga menimbulkan cita rasa pedas, gurih dan nikmat.

6. Soto Banjar

Soto banjar merupakan makanan khas Kalimantan Selatan yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Apabila dibandingkan dengan soto lainnya, soto banjar memiliki ciri khas tersendiri. Soto Banjar memiliki kuah agak keruh, dan kental tetapi memiliki warna kuning bening. Soto Banjar semakin enak disajikan dengan telur, perkedel, soun, ketupat, dan bawang goreng.

7. Ketupat Kandangan

Makanan dengan bahan dasar ketupat ini memiliki warna keruh yang disajikan bersama ikan gabus. Ikan dapat dipanggang terlebih dahulu sebelum direndam bersama kuah santan, dan bumbu yang kaya dengan rempah-rempah.

8. Kepiting Soka

Kepiting Soka (Katakini.com)

Kepiting Soka merupakan makanan khas dari Kalimantan Utara yang rendah lemak, mengandung protein tinggi, dan dapat dijadikan sebagai sumber mineral bagi tubuh. Tidak hanya memiliki banyak manfaat, kepiting soka memiliki cita rasa yang lezat. Anda juga daoat merasakan daging kepiting halus, manis, tetapi tetap gurih karena digoreng atau ditumis.

Tips Persiapan Liburan ke Kalimantan

Sebelum pergi liburan ke Kalimantan, berikut beberapa tips persiapan liburan ke Kalimantan yang perlu dipertimbangkan oleh wisatawan:

1. Membuat Agenda Perjalanan yang Jelas

Mengingat banyaknya makanan khas yang menarik untuk dicoba, Anda perlu membuat agenda perjalanan terlebih dahulu agar lebih efisien waktu dan tenaga. Agar semakin puas menikmati kuliner lokal, tentukan terlebih dahulu beberapa tempat makan yang ingin didatangi.

2. Membawa Pakaian yang Nyaman dan Lotion Anti-Nyamuk

Ketika liburan sebaiknya mengenakan pakaian yang dapat menyerap keringat agar lebih nyaman saat jalan-jalan. Sediakan juga lotion anti nyamuk yang dapat berguna saat malam hari.

3. Menyiapkan Uang Tunai yang Cukup

Saat ini, banyak tempat makanan yang menyediakan pembayaran nontunai. Namun, beberapa tempat masih mengharuskan pembayaran menggunakan uang tunai. Terlebih jika tempatnya berada di daerah terpencil.

Itulah beberapa makanan khas Kalimantan yang wajib dicoba saat liburan ke Kalimantan. Tidak sekadar menikmati wisata alam, Anda dapat menikmati beragam kuliner khas yang menggugah selera.