Hari Batik Nasional diperingati pada 2 Oktober setiap tahunnya. Tanggal ini bertepatan dengan hari ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada tahun 2009.

Tahun 2024 ini, Hari Batik Nasional telah memasuki peringatan yang ke-15 dengan tema yang diusung yaitu "Bangga Berbatik". Adapun pemilihan tema ini dimaksudkan untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk bangga mengenakan pakaian batik.

Untuk memperingati hari tersebut, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Salah satunya yaitu dengan mengirimkan kata-kata ucapan yang berisi pesan inspiratif dan penuh makna sebagai caption media sosial.

Bagi siapa pun yang ingin membagikannya, berikut ini kumpulan kata-kata ucapan selamat Hari Batik Nasional 2024 yang bisa digunakan atau dijadikan referensi. 

Kata-kata Ucapan Selamat Hari Batik Nasional 2024

Berikut ini 35 kata-kata ucapan yang bisa dibagikan sebagai caption di media sosial untuk memeriahkan peringatan Hari Batik Nasional 2024 di jagat maya.

Kata-kata Ucapan Selamat Hari Batik Nasional 2024 (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/YU)
  1. "Batik, bukan sekadar kain, tapi cerminan jiwa bangsa. Selamat Hari Batik Nasional 2024!"
  2. "Bangga memakai batik, bangga jadi bagian dari Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional 2024!"
  3. "Selamat Hari Batik Nasional 2024. Mari jaga dan terus lestarikan batik sebagai identitas bangsa kita."
  4. "Selamat Hari Batik Nasional 2024! Mari kita kenakan batik dengan bangga dalam setiap kesempatan."
  5. "Setiap motif batik adalah cerita, setiap helai batik adalah warisan. Selamat Hari Batik Nasional 2024!"
  6. "Batik merupakan kekayaan budaya Indonesia yang nilainya tak terhingga. Selamat Hari Batik Nasional 2024."
  7. "Selamat Hari Batik Nasional 2024! Bangga mengenakan warisan budaya bangsa yang penuh makna dan keindahan."
  8. "Batik adalah karya seni yang tak lekang oleh waktu. Selamat Hari Batik Nasional, mari lestarikan kebanggaan Indonesia!"
  9. "Dengan bangga kenakan batik di Hari Batik Nasional 2024. Mari terus lestarikan keindahan budaya Indonesia ini."
  10. "Selamat Hari Batik Nasional 2024! Melalui batik, kita melukiskan identitas, kebanggaan, dan cinta pada negeri."
  11. "Selamat Hari Batik Nasional! Ayo semangat, kita bersama junjung warisan budaya nasional hingga kancah internasional!"
  12. "Batik adalah identitas bangsa, warisan dari generasi ke generasi. Selamat Hari Batik Nasional, mari terus melestarikannya!"
  13. "Hari Batik Nasional 2024, waktu yang tepat untuk merayakan seni indah yang menggambarkan kekayaan budaya Indonesia."
  14. "Mari kita rayakan Hari Batik Nasional dengan mengenakan batik dan melestarikan budaya luhur bangsa kita."
  15. "Selamat Hari Batik Nasional 2024! Batik adalah bukti bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan memiliki budaya yang kaya. Mari kita tunjukkan pada dunia bahwa kita bangga menjadi orang Indonesia."
  16. "Selamat Hari Batik Nasional 2024! Batik adalah simbol kekuatan dan persatuan bangsa. Mari kita satukan hati dan pikiran untuk melestarikan warisan budaya ini."
  17. "Aku terlalu bangga dengan batik sebagai budaya Indonesia yang kini semamkin bersinar di mata dunia. Selamat Hari Batik Nasional 2 Oktober!"
  18. "Batik merupakan salah satu identitas diri dari bangsa Indonesia yang perlu dijaga. Mari bersama-sama melestarikan dengan berbagai cara unik kita masing-masing ya!"
  19. "Selamat Hari Batik Nasional, warga Indonesia. Tunjukkan ke dunia jika batik adalah milik kita. Semangat lagi ya!"
  20. "Hari Batik Nasional membuat kita semakin tersadar betapa pentingnya melestarikan budaya warisan nenek moyang kita. Selamat menggunakan busana batik terbaik kalian!"
  21. "Hari Batik Nasional adalah saat kita merayakan keindahan budaya lokal yang kaya akan sejarah dan filosofi. Banggalah mengenakan batik!"
  22. "Selamat Hari Batik Nasional. Jangan sampai apa yang menjadi miliki kita diambil oleh bangsa lainnya, yang tentunya tidak pernah berhak untuk mendapatkannya."
  23. "Sudah sepatutnya kita bangga dengan adanya warisan budaya berupa batik. Selamat Hari Batik Nasional untuk seluruh pemuda Indonesia."
  24. "Akankah budaya kita menjadi milik bangsa lain? Sudahkah dirimu rela? Jika tidak, mari lestarikan bersama-sama. Selamat Hari Batik Nasional."
  25. "Jangan lupa pakai batik hari ini ya, dan tetaplah bangga menjadi bagian dari Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional, Kawanku."
  26. "Tepat di hari ini, 2 Oktober, simbol kebudayaan bangsa Indonesia telah resmi menjadi warisan yang wajib untuk dilestarikan. Selamat Hari Batik Nasional."
  27. "Selamat memperingati Hari Batik Nasional 2 Oktober 2024. Mari tingkatkan semangat kita untuk terus melestarikan batik."
  28. "Dengan segenap jiwa nasionalisme, mari rayakan Hari Batik Nasional 2024 dengan penuh semangat melestarikan budaya bangsa."
  29. "Selamat memperingati Hari Batik Nasional 2024. Mari jadikan batik sebagai identitas warga Indonesia dalam kehidupan sehari-hari."
  30. "Selamat Hari Batik Nasional 2024! Di balik setiap motif batik, tersimpan kisah dan nilai-nilai luhur nenek moyang kita. Mari kita jadikan batik sebagai inspirasi untuk terus berkarya dan berinovasi."
  31. "Batik bukan hanya sekadar pakaian, tetapi juga representasi dari kekayaan budaya Indonesia. Mari kita tunjukkan pada dunia bahwa batik adalah warisan yang sangat berharga."
  32. "Hari ini, mari kita rayakan keanekaragaman motif batik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Setiap motif memiliki cerita dan makna yang unik. Selamat Hari Batik Nasional 2024!"
  33. "Batik adalah identitas bangsa yang tak tergantikan. Mari kita jadikan batik sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari kita dan wariskan kepada generasi mendatang. Selamat Hari Batik Nasional 2024!"
  34. "Selamat Hari Batik Nasional 2024! Mari kita bersama-sama melestarikan batik sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia."
  35. "Selamat Hari Batik Nasional 2024!Mari kita lestarikan batik sebagai warisan budaya yang tak ternilai harganya. Dengan menjaga kelestarian batik, kita telah menjamin keberlangsungan budaya bangsa untuk generasi mendatang."

Demikian 35 kata-kata ucapan selamat Hari Batik Nasional 2024 yang bisa dibagikan sebagai caption di media sosial.