Melirik Keindahan Panorama Alam Kawasan Wisata Payakumbuh

ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/hp.
Ilustrasi, Foto udara areal pesawahan dan bangunan seperti rumah gadang berada di kawasan Lembah Harau, Kabupaten Limapuluhkota, Sumatera Barat, Sabtu (7/11/2020).
Penulis: Tifani
Editor: Agung
13/9/2022, 14.02 WIB

Wisata Payakumbuh merupakan salah satu pilihan destinasi untuk berwisata kala libur tiba. Kota Payakumbuh atau Payakumbuah ini tertelak di Provinsi Sumatera Barat.

Kawasan wisata Payakumbuh memiliki beberapa objek wisata sekaligus, sehingga jika ingin wisatawan dapat mengunjunginya sekaligus. Kawasan wisata Payakumbuh juga dikenal sebagai kota rendang.

Dilansir dari disparpora.payakumbuhkota.go.id, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Walikota Payakumbuh bahkan telah berencana menjadikan kota Payakumbuh sebagai kota rendang.

Secara geografis kawasan wisata Payakumbuh berada di dataran tinggi bukit barisan dan terbentang hingga Gunung Sego. Menjadikan kawasan ini memiliki bentang alam yang bervariasi, mulai dari pegunungan hingga lembah.

Objek Wisata Payakumbuh

Selain hawa pegunungan nan sejuk, dengan diiringi angin sepoi-sepoi, kawasan wisata Payakumbuh juga memiliki beragam objek wisata yang dapat dijadikan pilihan untuk melepas penat.

Dilansir dari laman payakumbuhkota.go.id, berikut beberapa destinasi wisata Payakumbuh yang dapat dikunjungi para wisatawan.

1. Jembatan Kelok Sembilan

Kelok sembilan merupakan salah satu tempat wisata di Payakumbuh. Jembatan ini sebenarnya merupakan ruas jalan yang menghubungkan antara provinsi Riau dengan Sumatera Barat. Penamaan Kelok Sembilan diambil karena jembatan ini memang berkelok-kelok. Jembatan Kelom Sembilan berada di sekitar 30 kilometer sebelah timur dari Kota Payakumbuh.

Jalan tersebut membentang sepanjang 300 meter di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Jembatan kelok sembilan ini mempunyai tikungan yang sangat tajam dengan lebar yang mencapai 5 meter, berbatasan langsung dengan jurang, dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam, yaitu Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. Tapi, kali ini dengan pembangunan yang dilakukan, kelok sembilan menjadi semakin cantik, indah, dan banyak menarik wisatawan yang melewatinya.

2. Lembah Harau

Lembah Harau adalah salah satu lembah yang berada di dekat kota Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat. Lembah Harau ini diapit dengan dua bukit yang terjal dengan ketinggian tebing yang mencapai 150 meter.

Lembah Harau ini dikelilingi dengan batu pasir yang terjal berwarna-warni ke orenan, dengan ketinggian yang mencapai 100 hingga 500 meter. Di tempat wisata di Payakumbuh ini wisatawan juga akan menemukan objek wisata lain, seperti tebing, air terjun, sampai sungai-sungai kecil yang jernih. Bahkan, Lembah Harau ini kerap disandingkan dengan Taman Nasional Yosemite di Amerika Serikat.

3. Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram ini dulunya hanya berupa saluran irigasi, tetapi bangunannya mampu menarik wisatawan untuk berkunjung kesini. Kapalo Banda Taram ini memiliki pemandangan banyak pohon yang hijau.

Selain itu, terbentang sawah yang luas serta lokasinya yang dekat dengan hutan menambah kesannya dengan alam. Hal seperti ini membuat tempat wisata Kapalo banda Taram diminatin dan bersih untuk bersantai.

4. Ngalau Seribu

Gua Ngalau Seribu sendiri berasal dari bahasa Minang yang artinya seribu gua. Ngalau Seribu sendiri terletak di Kecamatan Harau Kab. Limapuluh Kota, Sumatra Barat. Untuk menuju ke lokasi tersebut, wisatawan harus berjalan dan melewati jalan yang menanjak dari pintu masuk.

Untuk ke lokasi gua, sebaiknya ditemani oleh tour guide. Hal ini tentunya selain menuntun wisatawan untuk kelokasi gua, juga menuntun wisatawan saat berada di dalam gua ini.

Gua tersebut memiliki banyak sekali ruang ruang sehingga bagi orang awam dikhawatirkan akan tersesat. Gua ini memiliki sumber air yang berasal dari aliran balik batu. Sumber air tersebut membuat gua menjadi lembab dan terasa segar. Selain itu, sumber air tersebut mampu mengikis bebatuan gua sehingga membuat dinding gua terbentuk seperti terumbu karang.

5. Bukit Batu Manda

Bukit Batu Manda terletak di jalan Talang River, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat. Bukit batu Manda memiliki ketinggian sekitar 550 mdpl. Bukit ini sering di kunjungi oleh wisatawan, khususnya pemuda dan diwaktu senja. Wisatawan dapat melihat pemandangan yang ditemani kopi di bukit ini.

6. Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram adalah satu destinasi wisata alam dengan pemandangan yang sangat indah dengan banyak pohon hijau serta segarnya air yang ada di tempat wisata tersebut. Pemandangan yang sangat hijau dan sejuk ini dipadukan dengan bentang sawah luas dan lokasinya yang tidak jauh dari hutan, menjadikan suasana semakin nyaman dan segar.

Para wisatawan juga akan terasa betah bila berada di tempat wisata di Payakumbuh ini. Kapalo Banda Taram ini awalnya hanya saluran irigasi, tapi kini setelah melalui proses revitalisasi, akhirnya menjadi objek wisata yang bisa menyedot wisatawan dengan tampilan panorama alam yang sangat keren.