ZIGI – Fitur Twitter Circle jadi trending topic hari ini Rabu, 4 Mei 2022. Bukan tanpa sebab, fitur baru Twitter itu disebut-sebut mirip dengan fitur Close Friend di Instagram yang dimana hanya pengguna tertentu yang dapat melihat unggahan.

Kehadiran Twitter Circle ini disambut beragam oleh para pengguna Twitter. Ada yang mengatakan bahwa fitur baru tersebut membuat dirinya kesepian karena tidak memiliki teman dekat. Namun, ada pula yang bahagia karena bisa mengunggah status yang hanya diketahui oleh orang terdekat.

Fitur ini masih dalam tahap awal dan hanya beberapa orang yang sudah bisa menggunakan fitur Twitter Circle. Lantas bagaimana cara menggunakan Twitter Circle? Simak artikelnya di bawah ini ya!

Baca Juga: Twitter Tambah Fitur Edit Tweet Usai Sebagian Saham Dibeli Elon Musk

Apa Itu Twitter Circle?

Setelah Twitter dibeli oleh Elon Musk, kini ada fitur baru yang diperkenalkan pada pengguna. Ya, Twitter Circle yang dimana cara kerjanya mirip dengan fitur Close Friend di Instagram.

Dikutip Zigi.id dari laman resmi Twitter pada Rabu, 4 Mei 2022, Twitter Circle adalah cara untuk mengirim tweet ke orang-orang tertentu dan berbagi pemikiran kamu dengan kerumunan yang lebih kecil. Dengan fitur ini, pengguna dapat memilih siapa saja yang dapat melihat cuitan kamu.

Twitter Circle baru dapat digunakan secara terbatas bagi penggunanya. Fitur ini juga dapat digunakan di iOS, Twitter untuk Android, dan twitter.com.

Secara umum, fitur ini memberikan pilihan agar tweet pengguna tidak bisa dilihat oleh semua orang, meskipun akun sang pengguna tidak dalam mode private. Twitter Circle adalah fitur yang lebih privasi yang dibagikan pada orang-orang terpilih saja. Bahkan jika menggunakan fitur ini, pengguna lain tidak dapat me-retweet.

Cara Gunakan Twitter Circle

Cara menggunakan Twitter Circle pun cukup mudah. Fitur ini akan terlihat jika kamu akan membuat cuitan baru. Berikut cara menggunakan Twitter Circle:

  • Klik ‘Buat Tweet’
  • Saat akan mengirimkan tweet tersebut, pengguna bisa klik di bagian ‘Choose Audience’
  • Lalu, pengguna bisa memilih siapa saja pengguna yang dapat melihat cuitan kamu 

Kamu hanya bisa menyertakan 150 pengguna di Twitter Circle. Perlu diingat bahwa anggota Twitter Circle kamu masih dapat mengunduh, mengambil, dan/atau membagikan ulang gambar atau tangkapan layar konten kamu.

Anggota tidak dapat menghapus diri mereka sendiri dari Twitter Circle, tetapi mereka dapat menonaktifkan percakapan jika tidak ingin berpartisipasi. Pemilihan anggota Twitter Circle dapat berdasarkan kedekatan pertemanan atau korelasi topik yang dibahas. Sudahkah kamu mencoba fitur baru Twitter ini?

Baca Juga: Fitur Baru Twitter Shops Beri Peluang Agar Pengguna Kembangkan Bisnis