Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Merayakan Tahun Baru di Rumah

Hanna Farah Vania
9 Desember 2021, 14:40
Warga melintas di dekat mural bertema COVID-19 di Jakarta, Rabu (1/12/2021).
ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Warga melintas di dekat mural bertema Covid-19 di Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Momen pergantian tahun merupakan hal yang ditunggu-tunggu bagi banyak orang. Namun, di masa pandemi Covid-19, perayaan menjelang tahun baru 2022 tetap perlu diwaspadai. Jangan sampai, momen suka cita malah menjadi petaka penyebaran kasus Covid-19. 

Belajar dari pengalaman pada hari besar sebelumnya, kasus positif Covid-19 meningkat tajam saat libur panjang. Ditambah lagi, saat ini muncul varian baru Covid-19, Omicron. 

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, momen libur panjang sering kali digunakan masyarakat untuk bepergian keluar rumah. Banyak juga orang yang membuat acara di rumah. Namun, ia menyayangkan, momen ini sering membuat masyarakat abai protokol kesehatan.

"Maka tidak heran jika kemampuan Covid-19 untuk menyebar ke lebih banyak orang dalam waktu yang bersamaan dapat terjadi," ujarnya beberapa waktu lalu. 

Oleh karenanya, bagi masyarakat yang hendak melakukan perayaan di rumah, terdapat sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Dilansir Healthline, untuk meminimalkan risiko, sebaiknya hindari mengundang orang dengan gejala Covid-19, belum divaksin, atau menolak memakai masker.

Para ahli menyebutkan, tingkat penularan orang yang belum divaksin dapat mencapai 5 atau 10 kali lebih tinggi dari yang sudah divaksin. Sehingga, risiko penularannya lebih besar. Untuk pencegahan lainnya, menggunakan masker dan menjaga jarak menjadi hal penting.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...