Transformasi SKK Migas untuk Ketahanan Energi Nasional

Transformasi yang dilakukan SKK Migas merupakan angin segar untuk menjaga iklim investasi migas Indonesia tetap atraktif.
Image title
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Riset dan Publikasi
2 Desember 2020, 16:00

SKK Migas menjadi salah satu ujung tombak dalam mewujudkan ketahanan energi nasional. Semakin menipisnya pasokan migas di masa depan menjadi ancaman serius. Demi mengantisipasi hal tersebut, SKK Migas terus bersinergi melakukan berbagai inovasi dan beradaptasi dengan bergbagai tantangan.

Transformasi yang dilakukan SKK Migas meliputi berbagai hal. Mulai dari upaya transformasi konversi penemuan sumber daya hingga mengembangkan pemanfaatan teknologi dan data. Hal ini tentunya merupakan angin segar untuk menjaga iklim investasi migas Indonesia tetap atraktif.

(Baca Juga: Mewujudkan Ketahanan Energi Nasional di Era New Normal)

Mengingat investasi hulu migas terutama dalam kegiatan eksplorasi merupakan faktor penting untuk meningkatkan dan mempertahankan laju produksi. Di sisi lain dengan investasi yang besar, diharapkan akan mendorong terciptanya efek berganda pada perekonomian nasional. Mengingat migas merupakan sektor yang berkontribusi besar dalam pembangunan Indonesia.

Investasi juga penting dalam rangka mewujudkan program produksi minyak 1 juta barel per hari (BOPD) pada 2030. Dengan begitu gap antara produksi dan konsumsi bisa ditekan.