Siapa Peternak Startup Terbesar di Asia Tenggara?

East Ventures dinobatkan sebagai modal ventura (venture capital) terbesar di Asia Tenggara oleh perusahaan riset pasar Preqin.
Andrea Lidwina
Oleh Andrea Lidwina
15 Oktober 2019, 13:10

East Ventures dinobatkan sebagai modal ventura (venture capital) terbesar di Asia Tenggara oleh perusahaan riset pasar Preqin. Dalam dua tahun terakhir, East Ventures berinvestasi di 71 startup. Jumlah itu mengalahkan investasi modal ventura lainnya asal regional ini, yaitu Insignia Venture Partners (Singapura), Alpha JWC Ventures (Indonesia), dan SGInnovate (Singapura), serta Antler (Singapura).

Di Asia Tenggara, sebanyak 117 startup yang diinjeksi East Ventures ada di Indonesia, 25 di Singapura, lima di Malaysia, empat di Thailand, dan satu di Vietnam. Berdasarkan laporan e-Conomy SEA 2019, total investasi modal ventura ini pada startup unicorn sepanjang 2016-2019 pun mencapai US$ 12 miliar (Rp 169,8 triliun).

Dari 117 startup yang ada di Indonesia, dua di antaranya merupakan unicorn (Tokopedia dan Traveloka) dan 13 startup disebut calon unicorn. Startup-startup itu telah menyumbang 45 persen terhadap ekonomi digital, 1,5 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional, dan memberdayakan 8,5 juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

 

Disclaimer: East Ventures adalah salah satu investor Katadata.