Izin Darurat Vaksin Sinovac untuk Anak-anak

Adanya izin darurat, anak-anak dapat segera mendapatkan vaksinasi Covid-19. Pemberian vaksin dinilai penting karena penyakit ini juga menyerang anak-anak.
Dwi Hadya Jayani
5 November 2021, 08:50

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menyetujui izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) vaksin Sinovac untuk anak berusia 6 hingga 11 tahun. Vaksin ini diberikan dua dosis (600 SU atau 0,5mL/dosis) dengan interval empat minggu.

Pemberian izin darurat tersebut karena berdasarkan hasil uji klinik terhadap 1.050 anak di Tiongkok, Sinovac dinilai aman karena memiliki efek samping ringan hingga sedang. Kemudian, hasil pengamatan uji antibodi netralitsasi 28 hari setelah vaksin dosis kedua menunjukkan seropositive rates dan seroconversion rates mendekati 100%.  

“Dengan persetujuan ini, maka vaksin Sinovac adalah yang pertama disetujui penggunaannya di Indonesia untuk anak 6 hingga 11 tahun,” kata Kepala BPOM Penny K. Lukito dalam konferensi pers virutal, Senin, 1 November 2021.

Dengan adanya izin tersebut, anak-anak dapat segera divaksinasi Covid-19. Hal ini mengingat, anak-anak juga bisa terjangkit Covid-19. Vaksinasi pada anak penting karena pembelajaran tatap muka mulai diberlakukan sehingga memiliki risiko tertular. 

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.