Survei: Work from Home Picu Jam Kerja Bertambah dan Kelelahan Mental

Image title
Oleh Alfons Yoshio - Tim Riset dan Publikasi
8 November 2020, 18:45
ilustrasi perempuan work from home
123rf.com

Konsep bekerja dari rumah (work from home atau WFH) menjadi hal yang asing bagi banyak orang di awal tahun 2020. Namun semenjak pandemi Covid-19 menyerang, kondisi berubah drastis.

Data BPS per 1 Juni 2020 mencatat, 39,09 persen sejumlah pekerja melaksanakan WFH sejak awal ditetapkan pandemi, sementara 34,76 persen lainnya bekerja dari rumah dengan kombinasi harus ke kantor beberapa waktu. Sementara temuan survei dari Word Economic Forum menyebut, 91,7 persen perusahaan di Indonesia menerapkan WFH.

Berdasarkan kajian terpisah terhadap 31 juta pekerja dari 21 ribu perusahaan, World Economy Forum mendapatkan tiga kesimpulan dari WFH selama Covid-19. Waktu kerja lebih panjang, lebih banyak email yang dikirimkan, dan waktu rapat yang lebih singkat.

Melihat dari waktu antara email pertama dan terakhir yang dikirimkan atau rapat yang dihadiri dalam 24 jam, terdapat peningkatan rata-rata 48,5 menit jam kerja. Sementara jumlah email yang dikirim dan diterima dalam satu organisasi menunjukkan peningkatan lima persen.

Terkait rapat, jumlah rapat yang dihadairi tiap orang mengalami peningkatan 12,9 persen namun waktu rapat mengalami penurunan 20,1 persen. Ini berarti semenjak orang-orang menerapkan karantina, waktu rapat tiap orang mengalami pengurangan sekitar 18,6 menit.

“Belum jelas apakah peningkatan rata-rata waktu bekerja memberikan keuntungan atau kerugian bagi pekerja,” demikian kesimpulan dari laporan yang diusun oleh para peneliti dari Harvard Business School dan New York University.

Meski demikian, di satu sisi fleksibilitas waktu kerja memberi kesempatan bagi para karyawan untuk mengatur jadwalnya sendiri. Namun, di sisi lain, terdapat kaburnya ‘garis’ antara pekerjaan dan waktu hidup pribadi makin jamak ditemui.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...