Disiplin Protokol Kesehatan Kendur, Kasus Covid-19 Melonjak

Image title
Oleh Melati Kristina Andriarsi - Tim Riset dan Publikasi
13 Desember 2020, 16:32
PUNCAK ARUS BALIK DI CILEUNYI
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan tingkat kepatuhan masyarakat dalam memakai masker mengalami penurunan. Pada September lalu tercatat sebesar 83,67 persen namun pada awal Desember menurun menjadi 57,78 persen.

“Ini diperburuk dengan turunnya kedisiplinan menjaga jarak dari 59,57 persen menjadi 41,75 persen pada periode yang sama,” ujarnya saat memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Kantor Presiden, Selasa (8/12).

Per 12 Desember 2020, kasus Covid-19 harian di Indonesia bertambah 6.388 kasus. Hingga saat ini, total kasus Covid-19 telah mencapai 611.631 kasus. Turunnya tingkat kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan turut menyumbang peningkatan kasus Covid-19.

Selain itu, Wiku juga mengimbau masyarakat agar jangan lengah dalam menerapkan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan air dan sabun, serta menjaga jarak hingga 2 meter. Sebab, cara tersebut terbukti paling efektif dalam menekan penularan Covid-19 sehingga masyarakat harus disiplin dalam menerapkannya.

"Ingat, dokter dan tenaga kesehatan yang memberikan perawatan, merupakan benteng terakhir. Jumlah mereka sangat terbatas, hargailah mereka," ucapnya.

Sementara Ketua Satgas Penanganan Covid19, Doni Monardo juga turut mengingatkan agar masyarakat lebih disiplin dalam menerapkan 3M. Ia juga menegaskan agar masyarakat memperketat protokol kesehatan dan mewaspadai kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan di bulan Desember.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...