Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Jutaan Warga AS Tetap Liburan

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Riset dan Publikasi
25 Desember 2020, 05:00
IBADAH MISA NATAL DI TENGAH PANDEMI
ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.

Jutaan warga Amerika Serikat mulai meninggalkan rumah mereka dan berlibur ke luar luar kota merayakan Natal dan Tahun Baru. Berdasarkan data Transportation Security Administration, lebih dari 5 juta warga AS telah berlibur sejak Jumat hingga Selasa lalu.

Diperkirakan lebih dari 85 juta warga Amerika akan berlibur sejak Rabu kemarin hingga 3 Januari nanti. Jumlah itu hanya sepertiga dibandingkan tahun lalu. Penurunan ini terjadi karena masih banyaknya kasus positif Covid-19 di Amerika Serikat.

Advertisement

Setiap hari, penambahan jumlah kasus mencapai lebih dari 200 ribu dan lebih dari 3.000 orang meninggal. Sejak pandemi, lebih dari 320 ribu warga AS meninggal akibat Covid-19. Saat ini, Amerika Serikat menjadi negara dengan jumlah kasus positif tertinggi di dunia yaitu 18,5 juta kasus atau hampir 25 persen dari total jumlah kasus positif Covid-19 di dunia.

Namun, virus Covid-19 sepertinya tidak menghalangi jutaan warga Amerika untuk tetap merayakan Natal dan Tahun Baru dengan berlibur. Jennifer Brownlee (34 tahun) adalah salah satu warga Negeri Paman Sam yang memutuskan untuk berlibur.

“Saya harus berkunjung ke tempat ibu saya, dia memerlukan bantuan saya. Saya tahu Tuhan akan melindungi saya. Dia tidak akan membiarkan saya sakit,” kata Jennifer yang bekerja sebagai nelayan di Alabama, seperti dilansir dari USA Today.

Untuk mencegah tertular virus Covid-19, Jennifer selalu memakai masker di bandar udara dan juga di atas pesawat. Dia yakin daya tahan tubuhnya cukup kuat sehingga tidak akan tertular Covid-19.

Michelle Lopez termasuk yang ragu-ragu untuk menjalani liburan Natal dan Tahun Baru. Dia tidak yakin apakah keputusan untuk mengunjungi sang kekasih di Virgina pada libur Natal ini merupakan keputusan yang tepat.

“Saya sebenarnya tidak ingin pergi tapi saya sudah lima bulan tidak bertemu dengan dia,” kata Lopez.

Sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat terbang, Lopez melakukan tes Covid-19 dan hasilnya negative. Namun, perjalanan yang ditempuh dari Houston ke Nevada justru membuat Lopez khawatir.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement