Menaklukkan Jalan Daendels Bersama Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Cross Hybrid punya kemampuan lengkap yang bisa diandalkan untuk menaklukan Jalan Daendels dengan nyaman dan aman tentunya.
Image title
Oleh Krisna Arie Prasetya - Tim Publikasi Katadata
13 Agustus 2021, 14:18
Menaklukkan Jalan Daendels Bersama Toyota Corolla Cross Hybrid
Katadata

Seperti kita ketahui bersama, De Groote Postweg (Jalan Raya Pos), nama original dari Jalan Daendels membentang sepanjang kurang lebih 1.000 km dari Anyer-Banten hingga Panarukan-Jawa Timur. Dibangun lebih dari 2 abad lalu dengan tujuan kepetingan militer Daendles mempersingkat pergerakan tentaranya di sepanjang pulau Jawa.

Di masanya, selain kepentingan militer, jalur ini juga dimanfaatkan untuk memudahkan distribusi surat menyurat dengan alat transportasi utamanya kereta kuda. Seiring dengan perkembangan jaman, dalam masa 200 tahun jalan ini kemudian dimanfaatkan untuk beragam kepentingan dan aktivitas.

Tim Katadata dalam #JelajahJalanRayaPos mencoba menelusuri Jalan Daendels untuk mengangkat nilai historis, melihat destinasi wisata hingga menangkap perubahan wajah perekonomian. Toyota Corolla Cross Hybrid dipilih sebagai teman ekspedisi karena memiliki kriteria yang pas untuk menaklukkan ragam kondisi Jalan sepanjang Anyer - Panarukan.

Menaklukkan Jalan Daendels Bersama Toyota Corolla Cross Hybrid
Menaklukkan Jalan Daendels Bersama Toyota Corolla Cross Hybrid (Katadata)

Anyer - Cirebon

Sebelum berbicara lebih jauh, kita cermati dulu desain dan rancang bangun dari Toyota Corolla Cross. Dari sisi tampilan, mobil ini merupakan sebuah SUV Compact yang bisa diandalkan pada kondisi jalan yang beragam. Desainnya secara umum cukup agresif, tampak dari paduan tarikan garis membulat dan tajam yang membuatnya tampak berotot, grille berukuran besar plus beberapa kelengkapan lainnya seperti aksen chrome, pelindung bodi bagian bawah berwarna gelap serta roof rail.

Di balik desain, Toyota Corolla Cross Hybrid dibuat dengan platform Toyota New Global Architecture (TNGA). Rancang bangun generasi baru kebanggaan Toyota ini dirancang untuk menghadirkan kualitas berkendara yang lebih baik.

TNGA dipercaya memiliki setidaknya 5 keunggulan. Mulai dari kualitas mengemudi terbaik, memberikan kenyamanan seluruh penumpang, fitur terkini yang ergonomis, performa mumpuni juga ramah lingkungan serta tak ketinggalan dari sisi keamanan serta keselamatan penggunannya.

Untuk diketahui, Jalur Daendels Anyer - Cirebon punya karakter jalan paling menarik karena tidak hanya berada di wilayah Pantura, jalurnya juga melintasi wilayah tengah dan selatan Jawa. Melewati  wilayah Anyer, Tangerang, Jakarta, Bogor, Cianjur, Bandung, Sumedang hingga Cirebon.

Karenanya, tim ekspedisi tidak hanya melewati jalan-jalan datar pesisir utara Jawa namun melewati jalan-jalan pegunungan berkelok. Tantangan lainnya tentu curah hujan yang cukup tinggi di wilayah-wilayah yang dilalui.

Unjuk Kerja Mesin Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross Hybrid dilengkapi mesin berkode 2ZR-FXE 4-silinder VVT-i berkapasitas 1.798 cc. Sumber tenaga berbahan bakar besin ini memiliki tenaga 96.5 hp dan torsi 146 Nm. Sementara satu sumber tenaga lainnya berasal dari motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 71 hp.

Secara umum bisa diakui, mesin hybrid ini menjadi teman ekspedisi menyenangkan untuk melalui beragam medan jalan yang dilalui. Mulai dari jalan mendatar di wilayah Pantura Banten hingga jalan-jalan penggunungan di tengah Jawa Barat yang didominasi tanjakan dan juga turunan yang cukup menantang.

Sensasi awal yang cukup ketara dari mesin hybrid adalah begitu senyapnya mesin saat beroperasi. Kinerja mesin bensin sendiri baru aktif ketika energi baterai motor listrik menipis. Mesin bensin bekerja sebagai generator untuk mengisi ulang baterai atau saat mobil membutuhkan bantuan tenaga mesin untuk menggerakkan roda.

Jadi jangan heran ketika di satu titik Anda merasa tidak jelas apakah mesin sudah hidup. Ini karena mesin bensin tidak aktif dan mobil melaju dengan mode full elektrik. Dan demi alasan keselamatan, Toyota memberikan suara artificial agar pengguna jalan memberikan perhatian saat Toyota Corolla Cross Hybrid melintas di sekitarnya.

Toyota Corolla Cross Hybrid sendiri tidak punya sedikit pun masalah dalam melintas beragam medan yang tim ekspedisi lalui. Keluaran tenaga boleh dibilang selalu ada di setiap putaran, jadi cukup menekan pedal gas terukur untuk melewati jalan menanjak yang berliku. Artinya siapa pun Anda, dengan karakter atau gaya berkendara natural pun akan langsung akrab untuk berkendara bersama SUV Compact ini.

Stabilitas mobil hybrid dengan kerakter suspensi medium ini juga masuk dalam kategori baik dan membuktikan struktur TNGA mampu berkerja maksimal. Nyaris tidak ada gejala negatif berkendara seperti bodyroll atau limbung saat bermanuver bersama Toyota Corolla Cross Hybrid baik di jalan mendatar maupun pegunungan yang berliku. Mobil dapat dikendalikan secara presisi sesuai dengan keinginan pengendaranya.

Di sisi lain, kenyamanan penumpang juga cukup terjaga. Nyaris tidak ada keluhan berarti baik pada penumpang depan maupun baris kedua.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait