Roadshow ke DIY, Caketum HIPMI Mardani Serap Aspirasi UMKM

Image title
Oleh
20 Juni 2019, 10:58
Mardani H. Maming (batik biru) saat berkunjung di sentra UMKM Kasongan dan Krebet Pajangan di Kabupaten Bantul.
Katadata
Mardani H. Maming (batik biru) saat berkunjung di sentra UMKM Kasongan dan Krebet Pajangan di Kabupaten Bantul.

Yogyakarta, 19 Juni 2019 - Memasuki masa kampanye pemilihan Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), calon ketua umum nomer urut 4, Mardani H. Maming, roadshow ke daerah-daerah. Seperti yang dilakukan saat ia berkunjung ke Kota Gudeg, Yogyakarta, Selasa, 18 Juni 2019.

Mardani tidak hanya didampingi oleh Ketum BPD DI Yogyakarta, tapi juga dikawal Ketum BPD Sulawesi Tenggara, Ketum BPD Maluku, Ketum BPD Sulteng, dan Ketum BPD Kalimantan Selatan. Salah satu agenda kunjungan kali ini adalah meninjau UMKM di daerah Kasongan dan Krebet Pajangan di Kabupaten Bantul. Di daerah ini banyak ditemukan para pengusaha muda yang memanfaatkan potensi kerajinan kayu dan kertas.

Dalam kesempatan ini, Mardani berdialog, menanyakan kendala-kendala apa saja yang dihadapi para perajin serta harapan-harapan mereka. Mardani juga membincangkan hal-hal yang dikembangkan di Kasongan dan Krebet, baik dari sisi kapasitas skill dan pengalaman, maupun juga jejaring pemasarannya. Dengan demikian, diharapkan usaha mereka makin tumbuh.

"Saya ini berangkat dari keluarga yang gemar berusaha, bahkan sebelum menjadi Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan," kata Mardani.

Sekarang setelah tidak menjabat lagi, Mardani menyatakan akan menggunakan waktunya untuk dunia usaha.

Ia mengklaim mengerti betul bagaimana para UMKM harus dirangkul. Pengusaha UMKM, kata Mardani, jumlahnya besar, bergerak di sektor-sektor informal, dan melibatkan banyak tenaga kerja.

UMKM juga memberikan kontribusi penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Bahkan di saat ekonomi sulit pun, UMKM ini terbukti mampu menopang bangsa ini agar tidak terpuruk. "Saya yakin apabila mereka difasilitasi, maka peran dan kontribusi mereka akan semakin terlihat nyata di masyarakat," lanjut Mardani.

Mardani dalam kunjungan tersebut tertarik dengan usaha salah satu pengrajin kayu dan kertas. Secara spontan, dia memberikan bantuan sebesar Rp 5 juta sebagai tambahan modal usaha.

Wahyuni, pemilik usaha yang mendapat bantuan tersebut, tak bisa menutupi rasa gembiranya. "Alhamdulillah atas bantuan dari Pak Mardani ini," katanya. Menurut dia, Mardani adalah pengusaha yang masih sangat muda dan terbukti sukses membesarkan usahanya di banyak sektor, namun tetap peduli terhadap UKM. Wahyuni lantas mendoakan Mardani terpilih menjadi Ketua Umum Hipmi Pusat. Ia yakin, Mardani akan membantu mengembangkan usaha UMKM di pelosok tanah air.

Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...